Kompas.com - 15/08/2021, 13:25 WIB

KOMPAS.com - Sebagian besar aktivitas penerbangan dihentikan sejak pandemi Covid-19 melanda dunia pada 2020. 

Dilansir dari Mastercard.com. Hal ini menyebabkan industri penerbangan mengalami kerugian secara global hingga 350 milliar dollar AS

Kendati demikian, industri penerbangan mempunyai harapan untuk bangkit pada 2021 berkat penerbangan domestik.

Baca juga: Naik Pesawat ke Bali Kini Bisa Pakai Rapid Test Antigen per 12 Agustus 2021

Berdasarkan survei yang dilakukan Mastercard Economic Institute di 32 negara pada Mei 2021, pemulihan perjalanan dapat dilihat dari lonjakan pemesanan penerbangan domestik di beberapa negara. 

Negara yang mengalami lonjakan di antaranya adalah Amerika Serikat (87,1 persen), Brazil (39,8 persen), dan Australia (78,3 persen). 

Pemulihan Penerbangan di Tanah Air.

Di Indonesia, Indonesia National Air Carriers Association (INACA) dengan Universitas Padjajaran sudah melakukan kajian pemulihan industri penerbangan melalui kegiatan forum group discussion (FGD) yang dilakukan sepanjang Februari-April 2021.

Hasil kajian INACA White Paper menyatakan, industri penerbangan diprediksi akan mulai membaik pada awal tahun 2022 untuk penerbangan domestik.

Ilustrasi pesawat maskapai penerbangan Garuda Indonesia. SHUTTERSTOCK/LEONY EKA PRAKASA Ilustrasi pesawat maskapai penerbangan Garuda Indonesia.

 

Sementara itu, penerbangan internasional diprediksi baru akan mulai pulih pada akhir tahun 2023.

Diberitakan Kompas.com, Kamis (15/4/2021), Ketua Umum Indonesia National Air Carriers Association (INACA) Denon Prawiraatmadja mengatakan,kajian ini dapat memberikan informasi yang dibutuhkan untuk mendorong pemulihan industri.

Baca juga: Syarat Terbang ke Bali pada PPKM 9-16 Agustus, Vaksinasi Dosis Kedua

Denon juga berharap kajian ini dapat membantu para pengambil keputusan, pemerintah dan maskapai penerbangan, dalam menyusun berbagai strategi dan intervensi untuk memulihkan sektor penerbangan selama dan pascapandemi Covid-19.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.