Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HUT ke-76 RI, Sang Merah Putih Berkibar di Bukit Lewonama Gunung Ile Mandiri, Flores Timur, NTT

Kompas.com - 15/08/2021, 19:31 WIB
Nansianus Taris,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

LARANTUKA, KOMPAS.com - Kepolisian Resort Flores Timur mengibat Bendera Merah Putih di Bukit Lewonama, Gunung Ile Mandiri, Kelurahan Postoh, Kecamatan Larantuka, Kabupaten Flores Timur, Sabtu (14/08/2021).

Sebelum sampai di puncak Bukit Lewonama Gunung Ile Mandiri, personel Polres Flotim harus melewati jalan berkelok dan tanjakan terjal.

Baca juga: Labuan Bajo NTT PPKM Level 3, Ada Penyekatan di Bandara Komodo

Namun, perjuangan mereka terbayar saat tiba di atas puncak bukit Lewonama, pesona alam yang asri dan indah berlatar birunya laut Flores sungguh memanjakan mata.

Kapolres Flores Timur, AKBP I Gust Putu Suka Arsa mengatakan, pengibaran bendera itu juga merupakan rangkaian memeringati Hari ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia, dengan mengibarkan Bendera Merah Putih ukuran 10 x 7 meter di bukit Lewonama.

Baca juga: Kabupaten Ende PPKM Level 4, Pelaku Perjalanan Wajib Rapid Antigen dan Vaksin Tahap 1

Pengibaran bendera di puncak bukit itu, lanjut dia, untuk meningkatkan semangat juang dan patriotisme dalam memupuk jiwa kebangsaan dan cinta tanah air serta mengenang kembali perjuangan para pendiri bangsa Indonesia.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh Perwira dan staf Polres Flotim yang sudah dengan semangat yang luar biasa mendukung kegiatan ini, sehingga dapat berjalan dengan baik," kata dia dalam rilis tertulis yang diterima Kompas.com, Minggu.

Gunung Ile Mandiri

Adapun, Gunungun Ile Mandiri memiliki ketinggian sekitar 1.484 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Gunung ini bisa didaki, salah satunya melalui sisi barat laut, tepatnya dari Desa Riang Kemie, Kecamatan Ile Mandiri, Kabupaten Flores Timur, NTT.

Baca juga: Kronologi UNESCO Minta Stop Pembangunan Proyek di TN Komodo NTT

Menuju puncak salah satu gunung yang ada di Pulau Flores ini memakan waktu sekitar 4-5 jam perjalanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com