Kompas.com - 16/08/2021, 21:09 WIB
Ilustrasi Bali - Pura Tanah Lot. SHUTTERSTOCKIlustrasi Bali - Pura Tanah Lot.

KOMPAS.com – Sektor pariwisata merupakan salah satu sektor yang terdampak pandemi Covid-19, salah satunya karena banyak negara masih memberlakukan pembatasan perjalanan.

Oleh karena itu, ASEANTA (Asean Tourism Association) bekerja sama dengan perusahaan teknologi Fusionex untuk meluncurkan platform daring bertajuk ATEX, Kamis (12/8/2021).

ATEX atau ASEANTA Travel Exchange adalah platform pameran virtual business to business (B2B) yang berbasis data dan artificial intelligence (AI).

Baca juga:

Edisi perdana dari platform ini rencananya akan digelar pada kuartal keempat (Q4) tahun 2021, sekitar bulan November. Satu negara akan menjadi tuan rumah ATEX di tiap kuartal.

“Kami tengah melakukan pendekatan dengan sebuah negara untuk menjadi tuan rumah ATEX,” kata Presiden ASEANTA Eddy Krismeidi Soemawilaga dalam konferensi pers peluncuran ATEX, Kamis.

Presiden ASEANTA Eddy Krismeidi Soemawilaga (kiri) dan CEO Fusionex Group Dato? Seri Ivan The saat mengumumkan ATEX pada Kamis (12/8/2021).Dok. Kompas.com Presiden ASEANTA Eddy Krismeidi Soemawilaga (kiri) dan CEO Fusionex Group Dato? Seri Ivan The saat mengumumkan ATEX pada Kamis (12/8/2021).

Sementara itu, CEO Fusionex Group Dato’ Seri Ivan Teh menjelaskan, peserta yang tergabung di platform tersebut nantinya dapat menciptakan area interaktif digital yang inklusif.

“ATEX adalah platform bagi komunitas perjalanan dan wisata di Asia untuk berkumpul, bekerja sama, saling bertukar ide, mendapatkan konsumen, bertemu rekan bisnis, dan menampilkan produk serta jasa mereka di dalam platform virtual yang aman dan berkelanjutan,” kata Ivan.

Platform tersebut diharapkan dapat membantu pelaku wisata dan perjalanan, khususnya di masa pandemi Covid-19.

ATEX menawarkan fitur B2B matchmaking yang menghubungkan pengusaha lokal dan global guna memperluas jaringan mereka. Para pelaku wisata dan perjalanan juga dapat menggunakan sistem distribusi di platform tersebut untuk transaksi bisnis.

Baca juga:

 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.