Masih Tutup, Wisata Klangon Tetap Kibarkan Bendera Merah Putih Raksasa

Kompas.com - 17/08/2021, 15:38 WIB

KOMPAS.com - Wisata Bukit Klangon yang ada di lereng selatan Gunung Merapi masih tutup untuk umum selama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 4.

Tempat wisata yang tepatnya berlokasi di Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta ini sudah tutup sejak hari pertama PPKM Darurat, Sabtu (3/7/2021).

Hingga 17 Agustus 2021 pun, wisata Klangon masih tutup karena Kabupaten Sleman berstatus PPKM Level 4.

Baca juga: Daftar Daerah PPKM Level 2-4 Jawa dan Bali sampai 23 Agustus 2021

Alhasil, wisatawan pun tidak bisa merayakan HUT ke-76 Kemerdekaan RI dengan camping di Klangon yang menyuguhkan keindahan panorama Gunung Merapi dari dekat.

Kibarkan bendera merah putih raksasa

Meski tutup, bukan berarti tidak ada aktivitas apa pun di wisata Klangon. Pihak pengelola tetap menggelar acara pada 17 Agustus 2021.

Namun karena masih tutup, tentu saja acara tersebut tidak dapat dihadiri wisatawan dan hanya diikuti orang-orang tertentu.

Proses pengibaran bendera Merah Putih Raksasa di Wisata Klangon, Sleman pada 17 Agustus 2021.Dok. Klangon Proses pengibaran bendera Merah Putih Raksasa di Wisata Klangon, Sleman pada 17 Agustus 2021.

Acara itu adalah pengibaran bendera Merah Putih Raksasa pada Selasa (17/8/2020).

“Bukan upacara, tetapi pengibaran bendera raksasa untuk memepringati HUT RI,” kata pengelola Bukit Klangon bernama Gunawan kepada Kompas.com, Selasa.

Ia melanjutkan, hanya kalangan tertentu yang ikut dalam acara tersebut. Peserta adalah dari beberapa instansi, seperti Polsek, Koramil, dan beberapa orang dari pihak Klangon.

Baca juga: PPKM sampai 23 Agustus 2021, Tempat Wisata di Jawa-Bali Masih Harus Tutup

Adapun, bendera yang dikibarkan memiliki ukuran yang besar, yakni memiliki panjang 9 meter dan lebar 4 meter.

Saat sudah dinaikkan, tampak bendera Merah Putih itu berkibar dengan latar belakang puncak Gunung Merapi yang berasap.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.