Kompas.com - 18/08/2021, 07:34 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Perpanjangan PPKM Level 4 membuat Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), masih menutup tempat wisata hingga 23 Agustus 2021.

Pemerintah juga mengupayakan bantuan kepada para pelaku wisata.

"Untuk tempat wisata tetap kita tutup. Tapi untuk penyekatan akan kita cabut, restoran boleh buka secara terbatas dan kegiatan di rumah ibadah juga mulai dilonggarkan," kata Bupati Bantul Abdul Halim Muslih kepada wartawan di Bantul, Selasa (17/8/2021).

Baca juga:

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pariwisata Bantul Annihayah mengatakan, pihaknya sedang melakukan pendataan pelaku wisata di Kabupaten Bantul.

Data tersebut akan diajukan ke Dinas Sosial Bantul, dengan harapan para pelaku wisata mendapat bantuan selama PPKM Level 4. Namun, pihaknya belum mengetahui bentuk bantuannya.

"Untuk upaya membangkitkan semangat pelaku wisata, kita berusaha memberikan data pelaku wisata ke Dinas Sosial agar dapat perhatian dari pemerintah. Untuk bentuk bantuan apa tidak tahu tapi kita usahakan agar mereka (pelaku wisata) ter-cover," ucap Annihayah.

Ilustrasi Pantai Parangtritis, Daerah Istimewa Yogyakarta.UNSPLASH/Fahrul Razi Ilustrasi Pantai Parangtritis, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Ia menambahkan, sampai saat ini belum ada bantuan, dan dari pemerintah pusat baru ada pelatihan-pelatihan kewirausahaan untuk pelaku ekonomi kreatif.

Untuk promosi, pihaknya menggunakan konsep vlog untuk mengembalikan jumlah kunjungan wisata Bantul ketika sudah dibuka kembali dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

Baca juga:

 

"Sebentar lagi kita juga menggerakan vlogger-vlogger untuk diterjunkan ke destinasi-destinasi wisata. Mereka nanti mempromosikan kalau kita itu sudah standar protokol kesehatan dan siap melayani wisatawan dari mana pun," katanya.

Selain itu, selama penutupan obyek wisata, pihaknya akan melaksanakan vaksinasi pada 19 Agustus mendatang di Gua Selarong. Kegiatan vaksinasi itu akan diikuti oleh 650 orang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.