Kompas.com - 18/08/2021, 10:09 WIB
Foto : Pemerintah dan Warga Desa Wisata Kojadoi menggelar apel HUT RI ke-76 di laut, Selasa (17/8/2021). Kompas.com/Nansianus TarisFoto : Pemerintah dan Warga Desa Wisata Kojadoi menggelar apel HUT RI ke-76 di laut, Selasa (17/8/2021).

MAUMERE, KOMPAS.com - Setiap daerah mempunyai cara tersendiri merayakan HUT ke-76 RI, Selasa (17/8/2021).

Ada yang mengibarkan bendera Merah Putih di bawah laut, ada juga yang mengibarkannya di atas bukit. 

Ratusan warga Desa Wisata Kojadoi, Kecamatan Alok Timur, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT), menggelar upacara pengibaran bendera Merah Putih di perairan sekitar pulau bersama prajurit TNI, Lanal Maumere.

Lebih tepatnya, upacara tersebut dilakukan di atas perahu. 

Adapun warga lain mengikuti apel dari bibir pantai.

Baca juga:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Sementara itu, murid Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kojadoi dan SMPN 4 Kojadoi, serta sejumlah mahasiswa IKIP Muhammadiyah Maumere yang tengah menjalankan KKN di desa itu mengikuti upacara dari Bukit Batu Purba.

Pasukan pengibar bendera yang terdiri dari 11 orang berada di atas lima perahu. Mereka membawa bendera dengan gerakan teratur sambil mendayung perahu mendekati panggung utama.

Bukit batu dan jembatan batu di Pulau Kojadoi, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, Sabtu (11/5/2019).KOMPAS.com/NANSIANUS TARIS Bukit batu dan jembatan batu di Pulau Kojadoi, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, Sabtu (11/5/2019).

Camat Alok Timur Nikolaus Emanuel mengungkapkan, konsep upacara tersebut sesuai dengan kondisi geografis wilayah itu.

Ia menjelaskwan bahwa ada tiga desa yang berada dekat dengan perairan, yakni Desa Kojadoi, Desa Parumaan, dan Kojagete. 

Baca juga:

"Apel di laut karena kita mau menonjolkan potensi bahari yaitu obyek wisata di pulau Kojadoi yang saat ini dijadikan kampung wisata bahari oleh Lanal Maumere," kata Nikolaus.

"Karena warganya hidup di laut, maka kita ingin menonjolkan semua tentang laut," tambahnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.