Kompas.com - 18/08/2021, 12:15 WIB

KOMPAS.com - Kereta Api (KA) Bandara Internasional Yogyakarta - Kulon Progo atau YIA diperkirakan akan beroperasi September 2021 mendatang.

"Estimasi operasional pada September. Tapi tentunya kami akan melihat bagaimana perkembangan kondisinya," kata Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Zulfikri, Selasa (17/8/2021), dikutip dari Antara.

Progres pembangunan sarana dan prasarana pendukung KA Bandara saat ini telah mencapai 97,6 persen. 

Jika naik KA Bandara YIA, penumpang dari Yogyakarta dapat tiba di Stasiun KA Bandara YIA dalam waktu sekitar 40 menit. 

Harus melewati beberapa tahap pengujian

Dalam keterangan resmi yang Kompas.com terima, Rabu (18/8/2021), Zulfikri menjelaskan sedikitnya ada tiga tahapan yang perlu dilakukan setelah proses pengujian jalur kereta.

Tiga tahap tersebut yakni commissioning, trial and run, dan operasional komersial/pelayanan. 

Ia menerangkan, dalam tahap commissioning yang dilakukan hari ini, kegiatan switch over (SO) persinyalan akan dilakukan sehingga semua prasarana sudah terintegrasi dan secara teknis sudah bisa dioperasikan.

Baca juga:

Kemudian, ia melanjutkan, tahap trial and run akan melibatkan penumpang terbatas untuk sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang jadwal, stasiun pemberhentian, sistem penjualan tiket, dan pelayanan lainnya.

"Terakhir adalah tahap operasional komersial/pelayanan, yaitu KA Bandara ini beroperasi melayani masyarakat dengan berbayar. Direncanakan untuk tahap awal akan terdapat 30 perjalanan KA per hari dengan waktu perjalanan 40 menit. PT KAI (Kereta Api Indonesia) selaku operator kereta api akan menyiapkan empat trainset dengan sistem untuk operasi, perawatan, dan cadangan," kata Zulfikri, Selasa. 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.