Kompas.com - 19/08/2021, 12:18 WIB
Ilustrasi kabin pesawat SHUTTERSTOCKIlustrasi kabin pesawat

KOMPAS.com - Pihak maskapai penerbangan United Airlines mengingatkan kru pesawat agar tidak menggunakan lakban untuk mengamankan penumpang selama penerbangan.

Hal tersebut lantaran adanya laporan kru pesawat melakban penumpang yang rusuh agar mereka tetap tenang. Perbuatan yang sama tidak hanya terjadi di United Airlines. 

"Harap diingat bahwa ada sejumlah barang tertentu di kabin yang dapat digunakan dalam situasi sulit, dan barang alternatif seperti lakban tidak sebaiknya digunakan," tulis Senior Vice President of Inflight Services United Airlines, John Slater, dalam sebuah pesan, Jumat (13/8/2021), dikutip dari People.com.

Slater kemudian menyarankan kru pesawat untuk mengikuti proses de-eskalasi dan latihan, serta selalu gunakan pertimbangan terbaik mereka. 

Selain itu, para kru juga dapat berdiskusi dengan Kapten, Perwakilan Layanan Pelanggan, dan Koordinator Keamanan di Darat (Ground Security Coordinator) untuk evaluasi dan solusi. 

Baca juga:

Bukan kejadian pertama di United Airlines

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di tahun 2003, dilansir dari napavalleyregister.com dan The Associated Press, seorang penumpang pesawat United Airlines dari Hawaii ke Los Angeles, Amerika Serikat (AS), dilakban dengan bantuan penumpang lainnya.

Sekitar 1,5 jam setelah lepas landas, penumpang asal Texas, AS, tersebut bangun dari kursinya dan berkeliaran di lorong pesawat. Para penumpang lainnya membiarkannya berkeliaran sampai ia bergerak maju. 

"Kemudian (penumpang lainnya) mengelilinginya dan mendorongnya ke lantai," kata Joseph Gugerty, salah seorang penumpang di penerbangan tersebut. 

Selanjutnya, di tahun 2008, seorang kru pesawat United Airlines melakban penumpang ke kursinya karena rusuh.

Penumpang tersebut bertengkar dengan sejumlah kru pesawat, mengganggu penumpang lainnya, dan memaksa untuk mendarat di Karolina Utara. 

Kejadian itu terjadi di pesawat United Airlines dengan rute Puerto Riko-Chicago, menurut seattletimes.com.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.