Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Destinasi Dark Tourism di Indonesia, Ada Monumen Lumpur Lapindo

Kompas.com - 21/08/2021, 08:17 WIB
Shalika Rahma Kencana,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

Sumber Kompas.com

KOMPAS.com - Berwisata ke tempat-tempat yang bersejarah bukanlah hal yang baru.

Namun, yang membedakan dark tourism dengan wisata bersejarah lainnya adalah lokasi wisatanya yang merupakan bekas terjadinya sebuah tragedi.  

Dilansir dari Kompas.com, Jumat (28/6/2021), istilah dark tourism muncul pada 1990-an dari para pelajar yang meneliti mengenai wisatawan yang berkunjung ke bekas lokasi pembunuhan Presiden Amerika Serikat (AS) ke-35, John F. Kennedy.

Salah satu contoh lokasi wisata dark tourism yang dikenal adalah Chernobyl dan Kota Pripyat, lokasi kebocoran reaktor nuklir pada 1986 di Ukraina. Wisata ini menjadi populer setelah tayangnya serial berjudul Chernobyl di saluran TV berbayar, HBO.

Baca juga: Dark Tourism, Saat Tempat Bencana Jadi Tren Wisata

Dark tourism memiliki beberapa pro dan kontra.

Jenis wisata ini dapat memberi pemahaman dan wawasan yang lebih mengenai tragedi di masa lalu, namun banyak juga wisatawan yang kurang menghormati sejarah di lokasi tersebut dengan mengambil foto berlatar lokasi bekas bencana.

Mengacu pada arti dark tourism, terdapat beberapa tempat di Indonesia untuk jenis wisata tersebut. Berikut adalah beberapa lokasi yang dapat dikunjungi:

Monumen Tragedi Lumpur Lapindo

Kawasan semburan Lumpur Lapindo di Kecamatan Porong, Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (23/5)KOMPAS/BAHANA PATRIA GUPTA Kawasan semburan Lumpur Lapindo di Kecamatan Porong, Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (23/5)

Warga memasang Monumen Tragedi Lumpur Lapindo sebagai aksi peringatan tujuh tahun bencana lumpur Sidoarjo, Jawa Timur, di tahun 2013.

Monumen tersebut dipasang di bibir kolam lumpur, tepatnya lokasi bekas Desa Mindi, Kecamatan Porong, Sidoarjo.

Monumen tersebut mengingatkan bahwa korban lumpur Sidoarjo akan terus menuntut pemulihan kehidupan mereka yang telah hancur akibat lumpur.

Baca juga: 15 Tahun Lumpur Lapindo, Bagaimana Kejelasan Nasib Korban Bencana?

Fenomena bencana lumpur Lapindo di Sidoarjo terjadi pada 29 Mei 2006. Peristiwa itu bermula dari kebocoran sumur pengeboran gas PT Lapindo Brantas.

Semburan lumpur disertai gas keluar dari permukaan tanah melalui rawa yang ada di sekitar lokasi pengeboran.

Di lansir dari Kompas.com, Senin (31/5/2021), semburan lumpur terus meluas menggenangi area sekitar lokasi pengeboran seperti rawa dan persawahan, pemukiman warga, jalan tol, serta jalur kereta api.

Halaman:
Sumber Kompas.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com