Kompas.com - 22/08/2021, 07:35 WIB

KOMPAS.com - Bandar Lampung adalah kota yang terletak di Provinsi Lampung.

Kota yang dijuluki "Kota Gajah" ini lokasinya cukup dekat dengan Jakarta atau hampir satu jam jika naik pesawat udara. 

Wisatawan dapat mengunjungi Bandar Lampung melalui jalur laut atau udara. Dari Pulau Jawa, wisatawan bisa mendarat di Bandara Internasional Raden Inten II atau berlabuh di Pelabuhan Bakauheni.

Provinsi Lampung memiliki tempat wisata yang beragam, mulai dari pantai, taman nasional, bendungan, hingga menara khas Lampung.

Baca juga: Pesona Lampung dan Sukabumi yang Pakaian Adatnya Dipakai Jokowi dan MaRuf Amin

Bagi wisatawan yang berniat mengadakan weekend getaway dari selama 3 hari 2 malam, berikut adalah itinerary berwisata di Bandar Lampung dan sekitarnya.

Hari Pertama

Museum Lampung Ruwa Jurai merupakan museum pertama dan terbesar di Lampung. 

Museum tersebut mengoleksi benda-benda bersejarah untuk sarana pendidikan, penelitian, dan rekreasi. Koleksi tersebut terdiri dari karya seni, keramik dari negeri Siam dan negeri Cina dari jaman Dinasti Ming, dan masih banyak lagi.

Dilansir dari situs Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung, koleksi di Museum Lampung Ruwa Jurai berjumlah sebanyak 4.652 buah dan koleksi unggulan mereka berupa bejana perunggu yang ditemukan di Sri Minosari Labuhan Maringgai, Kabupaten Lampung Timur.

Lokasi museum terletak di Jl. Z.A. Pagar Alam No. 64, Bandar Lampung. Letak museum ini cukup strategis karena tidak jauh dari pusat kota Bandar Lampung atau sekitar 30 menit dari bandara. Jam bukanya pukul 08.00 -12.00 WIB.

Tempat ini cocok untuk wisatawan yang ingin mengenal lebih dalam lagi mengenai sejarah kota yang sedang mereka kunjungi.

Baca juga: 25 Tempat Wisata Alam Lampung yang Wajib Dikunjungi

Vihara Thay Hin Bio merupakan tempat ibadah umat Buddha Mahayana terbesar yang ada di Bandar Lampung. Tak hanya terbesar, vihara ini juga merupakan vihara tertua di Ibu Kota Lampung itu. 

Berdirinya vihara ini menggambarkan titik kemajuan perkembangan peradaban etnis China di Lampung. Vihara ini mempunyai dua lantai, lantai pertama dinamakan Ruang Bhaktisala dan lantai kedua dinamakan Ruang Dharmasala.

Selain tempatnya yang bersejarah, di sekitar vihara juga terdapat tempat jualan oleh-oleh khas Lampung yang menjadi daya tarik para wisatawan.

Lokasinya terletak di Jl. Ikan Kakap, Teluk Betung Selatan, Bandar Lampung, atau sekitar 30 menit dari Museum Lampung Ruwa Jurai. 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.