Kompas.com - 22/08/2021, 10:21 WIB

 

KOMPAS.comJalur pendakian Gunung Sindoro via Banaran, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah buka lagi dengan pembatasan kuota pendaki harian.

Keputusan itu dikonfirmasi seorang perwakilan dari Basecamp Ndoro Arum, jalur pendakian Gunung Sindoro via Banaran, yang tidak ingin disebut namanya.

“Sindoro buka kok, tapi ada batasan. Setiap basecamp beda-beda, tapi kalau via Ndoro Arum kuotanya 40 pendaki per hari,” kata dia kepada Kompas.com, Jumat (20/8/2021).

Baca juga:

Sebelumnya, seluruh jalur pendakian Gunung Sindoro telah ditutup sejak 3 Juli 2021 hingga 25 Juli. Tepatnya saat PPKM Darurat di Jawa dan Bali diterapkan pemerintah Indonesia.

Pada saat itu, pihak basecamp berencana untuk membuka kembali jalur pendakian pada 26 Juli, meski PPKM Darurat diperpanjang hingga 2 Agustus.

Kendati demikian, mengutip Kompas.com, Selasa (27/7/2021), seluruh jalur pendakian Gunung Sindoro diputuskan untuk tetap tutup dan mengundur jadwal pembukaan kembali jalur.

“(Diundurnya pembukaan kembali jalur pendakian) berlaku semua basecamp Gunung Sindoro,” kata Petugas Basecamp Jalur Pendakian Gunung Sindoro via Bansari sekaligus Mountain Guide Gunung-gunung di Jawa bernama Bayem, Senin (26/8/2021).

Baru dibuka, sudah ada yang kena blacklist

Meski jalur pendakian Gunung Sindoro via Banaran baru dibuka kembali beberapa waktu lalu, sudah ada pendaki yang melanggar aturan dan dikenakan sanksi blacklist.

Menurut pemberitaan Kompas.com, Jumat (20/8/2021), seorang pendaki asal Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah berinisial IFP dilarang mendaki Gunung Sindoro selama lima tahun karena pura-pura sakit demi konten TikTok.

Seorang pendaki di Puncak Gunung Sindoro.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Seorang pendaki di Puncak Gunung Sindoro.

“Soal blacklist lima tahun memang betul. Pendaki meminta evakuasi di Pos 3, setelah pihak basecamp melakukan pertolongan pertama yang katanya masih mengeluh kesakitan, tetapi malah buat video TikTok,” kata perwakilan Basecamp Ndoro Arum, Jumat.

Baca juga:

  1. Pendaki Kena Blacklist 5 Tahun di Gunung Sindoro, Pura-pura Sakit demi Konten TikTok
  2. 11 Aturan yang Mesti Kamu Patuhi kalau Ingin Mendaki Gunung Sindoro
  3. 8 Tips Mendaki Gunung Sindoro via Kebun Teh Tambi Wonosobo

Selain itu, IFP juga ugal-ugalan saat berkendara di area ramai warga, mengabaikan petugas basecamp saat ditegur karena parkir kendaraan sembarangan, dan tidak membawa turun sampah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.