Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Syarat Wisata ke Lawang Sewu, Wajib Bawa Bukti Vaksin Covid-19

Kompas.com - 23/08/2021, 12:31 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com – Salah satu tempat wisata ikonik di Kota Semarang, yakni Lawang Sewu telah buka lagi sejak Kamis (19/8/2021).

Kabar ini dikonfirmasi Humas PT Kereta Api Pariwisata (KA Wisata) Ilud Siregar dalam siaran pers yang Kompas.com terima, Senin (23/8/2021).

Baca juga: Wisata ke Lawang Sewu Semarang, Pengunjung Bisa Foto Pakai Kimono

“Terhitung mulai hari Kamis tanggal 19 Agustus 2021, Museum Lawang Sewu dibuka kembali dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat,” kata dia.

Adapun, penerapan protokol kesehatan itu termasuk syarat kunjungan ke Lawang Sewu yang harus dipatuhi oleh wisatawan yakni sebagai berikut:

  • Bawa sertifikat vaksin Covid-19
  • Tunjukan sertifikat vaksin Covid-19 ke petugas di gerbang pintu masuk Lawang Sewu
  • Tunjukkan sertifikat vaksin Covid-19 ke petugas loket sebelum membeli tiket masuk
  • Wajib melalui prosedur pemeriksaan suhu tubuh
  • Harus patuhi protokol kesehatan seperti pakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan tidak berkerumun

Selain penerapan protokol kesehatan yang ketat, Ilud menambahkan, pihaknya juga telah menata dan melakukan persiapan sebelum Lawang Sewu menyambut kembali wisatawan.

“Di antaranya dengan memastikan seluruh pekerja beserta seluruh mitra Museum Lawang Sewu telah melaksanakan kegiatan vaksin,” jelasnya.

Tugu Muda Semarang adalah sebuah monumen yang dibangun untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur dalam Pertempuran Lima Hari di Semarang.SHUTTER STOCK Tugu Muda Semarang adalah sebuah monumen yang dibangun untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur dalam Pertempuran Lima Hari di Semarang.

Pihak Lawang Sewu juga telah memasang spanduk dan selebaran untuk sosialisasi persyaratan kunjungan ke sana, mengevaluasi alur pelayanan, dan menyiapkan tenaga pengaman tambahan di pintu masuk.

Adapun, para tenaga pengaman tambahan tersebut membantu pemeriksaan sertifikat vaksin Covid-19 calon pengunjung guna meminimalkan antrean.

Baca juga: Apakah Benar Lawang Sewu Punya 1.000 Pintu?

“Pembukaan kembali Museum Lawang Sewu diharapkan dapat menjadi pilihan masyarakat untuk bisa berwisata dengan aman dan nyaman, serta memberi kesempatan kepada para wisatawan yang sudah rindu untuk berkunjung,” pungkas Ilud.

Selama pembukaan kembali, Museum Lawang Sewu buka hingga pukul 20.00 WIB dengan menerapkan kapasitas kunjungan maksimal hanya 25 persen dari kapasitas normal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com