Kompas.com - 23/08/2021, 14:23 WIB

 

KOMPAS.com – Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut, Bambang Heri Susanto, mengatakan bahwa saat ini semua tempat wisata di Garut masih ditutup.

“Untuk saat ini tempat wisata belum bisa dibuka karena Garut masih di PPKM Level 3,” kata dia kepada Kompas.com, Senin (23/8/2021).

Meski begitu, dia tidak menampik bahwa tempat wisata di sana akan dibuka jika tren pandemi Covid-19 landai dan Garut keluar dari kategori PPKM Level 3.

Baca juga:

“Kalau tren pandemi Covid-19 terus menurun ke Level 2, kemungkinan tempat wisata akan dibuka dengan mengedepankan protokol kesehatan di tempat wisata,” jelas Bambang.

Jika tempat wisata sudah bisa dibuka, dia mengatakan bahwa pihaknya belum ada bahasan apakah pembukaan kembali dibatasi hanya tempat wisata di luar ruangan.

Area Gumuk Pasir Tungtung Karang yang berada dalam kawasan wisata Pantai Sayang Heulang di Desa Mancagahar, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut (Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Garut).Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Garut Area Gumuk Pasir Tungtung Karang yang berada dalam kawasan wisata Pantai Sayang Heulang di Desa Mancagahar, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut (Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Garut).

Dia juga belum bisa memastikan apakah pembukaan akan dilakukan secara bertahap mulai dari tempat wisata di luar ruangan terlebih dahulu, kemudian berlanjut ke tempat wisata dalam ruangan pada waktu lain.

Ketika ditanya apakah kapasitas kunjungan, serta domisili wisatawan akan dibatasi jika tempat wisata sudah bisa dibuka, Bambang masih belum dapat memberi jawaban pasti.

Baca juga:

“Kami senantiasa akan berpedoman pada ketentuan yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat terkait PPKM dan tentunya memperhatikan arahan dari provinsi mengenai pembatasan tersebut,” jelas dia.

Sementara itu, diberitakan Kompas.com, Senin (23/8/2021), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan bahwa pembukaan tempat wisata menjadi kewenangan pemerintah daerah setempat.

Namun, ia memberi arahan bahwa jika suatu daerah berstatus PPKM Level 1 sampai 3, tempat wisata boleh buka secara terbatas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.