Tempat Wisata Masih Tutup, Gunungkidul Kehilangan Rp 25 Miliar dari Belanja Pengunjung

Kompas.com - 24/08/2021, 12:12 WIB

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), masih melakukan penutupan kawasan wisata hingga 30 Agustus 2021.

Selama PPKM hampir 8 minggu, dampak perekonomian cukup besar bagi pelaku usaha terkait pariwisata.

Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul Harry Sukmono mengatakan, Kabupaten Gunungkidul pun kehilangan cukup besar pendapatan asli daerah (PAD).

Baca juga:

Gunungkidul juga kehilangan pendapatan dari pengeluaran belanja wisatawan. selama pandemi, rata-rata belanja wisatawan adalah Rp 81.000 per orang.

Adapun sebelum pemberlakuan PPKM darurat disertai penutupan kawasan wisata, tingkat kunjungan rata-rata 40.000 orang perminggu

 

Oleh karena itu jika 40.000 wisatawan dikali 8 minggu dan dikalikan Rp 81.000, maka potensi yang hilang dari belanja wisatawan sekitar Rp 25 miliar.

Kesulitan para pelaku wisata di Gunungkidul

Salah Pengelola Persewaan alat snorkeling di Pantai Nglambor, Kecamatan Tepus bernama Adhitya Putratama mengatakan bahwa rata-rata setiap minggu selama pandemi, ada sekitar orang menyewa alat snorkelingnya.

Namun, kini pihaknya terpaksa menutup persewaan dan tidak bisa mempekerjakan beberapa karyawannya. Adhitya berharap adanya kepastian sampai kapan perpanjangan penutupan kawasan wisata.

Wisatawan Melakukan Snorkeling di Pantai Nglambor, GunungkidulDokumentasi BNS Wisatawan Melakukan Snorkeling di Pantai Nglambor, Gunungkidul

 

"Kami berharap dari pemerintah untuk memastikan sampai kapan adanya penutupan kawasan wisata. Jangan mendadak terus," ujar Adhitya.

Sebelumnya, pemilik rumah makan di Pantai Kukup di Kelurahan Kemadang, Kecamatan Tanjungsari bernama Mujiyanto mengeluhkan penutupan kawasan wisata menyebabkan dirinya tak mendapatkan penghasilan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.