Ingin Wisata Religi Malam 15 Muharram di Bantul, Ratusan Kendaraan Wisatawan Diputar Balik

Kompas.com - 24/08/2021, 14:02 WIB

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Tim penegakkan hukum (Gakkum) Satgas Covid-19 Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melakukan penyekatan di 3 titik Jalan Parangtritis.

Penyekatan dilakukan terkait tradisi malam 15 Muharram (Suro) pada Senin (23/8/2021) malam. Petugas memutarbalikkan ratusan kendaraan yang berencana ikut dalam tradisi itu.

"Ada ratusan mobil dan sepeda motor, baik dari DIY maupun luar DIY kami putar balik tadi malam," kata Kepala Satpol PP Kabupaten Bantul Yulius Suharta kepada Kompas.com, Selasa (24/8/2021).

Pihaknya juga membubarkan kerumunan dan aktivitas pengunjung yang berkerumun di kawasan Pantai Parangkusumo.

Baca juga:

Sebelumnya, Kapolres Bantul AKBP Ihsan mengatakan, penyekatan ini sebagai upaya mencegah terjadinya kerumunan di kawasan Pantai Parangtritis. Terlebih saat ini masih berstatus PPKM level 4 yang mewajibkan tempat wisata tutup sementara.

"Ketiga titik penyekatan di sepanjang Jalan Parangtritis itu meliputi Pusat Kuliner Pasar Ngangkruksari, pertigaan setelah jembatan Kretek dan TPR Parangtritis," kata dia saat ditemui di Mapolres Bantul, Senin (23/8/2021).

Penutupan itu dilakukan Senin (23/8/2021) hingga Selasa (24/8/2021). Semua itu untuk menekan mobilitas masyarakat untuk datang ke kawasan Parangtritis.

Wisata Bantul tutup sampai 30 Agustus 2021

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Promosi dan Pelayanan Informasi Wisata Dinas Pariwisata Bantul Markus Purnomo Adi mengatakan, kawasan wisata di Kabupaten Bantul masih ditutup sampai 30 Agustus.

Keputusan itu sesuai Instruksi Mendagri (Inmendagri) Nomor 35 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4, Level 3 dan Level 2 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali.

Dalam Inmendagri tersebut seluruh kabupaten/kota di DIY masih berstatus PPKM Level 4 dan wisata masih harus tutup.

Pantai Parangtritis, YogyakartaNaufal Image/Shutterstock Pantai Parangtritis, Yogyakarta

 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.