Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendaki, Jangan Nekat Panjat Tugu Hargo Dumilah di Gunung Lawu

Kompas.com - 24/08/2021, 17:11 WIB
Nabilla Ramadhian,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com – Seorang pendaki tengah viral di Instagram karena tertangkap kamera memanjat Tugu Hargo Dumilah di puncak Gunung Lawu sambil mengibarkan bendera Merah Putih.

Hal ini sontak mendapat reaksi negatif dari warganet dan sobat pendaki, bahkan mendapat respons dari Bupati Karanganyar Juliyatmono yang meminta agar pendaki tersebut segera diidentifikasi.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karanganyar Titis Sri Jawoto mengatakan, tindakan yang dilakukan pendaki itu berhubungan dengan etika pendakian.

Baca juga: Pendakian Gunung Lawu via Cemara Kandang dan Candi Cetho Mulai Uji Coba Buka

“Sebenarnya bukan soal (tugu) sakral, tapi kurang etis saja karena di situ ada lambang burung Garuda sebagai representasi simbol negara,” jelasnya kepada Kompas.com, Selasa (24/8/2021).

Dia melanjutkan, perbuatan tidak etis pendaki tersebut terlihat dari cara dia berdiri di puncak Tugu Hargo Dumilah yang seolah-olah sedang “ngangkang” di atas patung burung Garuda.

Titis menjelaskan bahwa pendaki identik sebagai seseorang yang mencintai alam, serta sudah seharusnya memiliki kepekaan untuk menjaga alam dan lingkungan di sekitarnya.

Baca juga: Filosofi Unik Jalur Pendakian Gunung Lawu via Cemara Sewu

Adapun, lingkungan di sekitarnya menurut dia juga mencakup fasilitas umum yang ada. Dalam hal ini adalah Tugu Hargo Dumilah di Puncak Lawu.

Soal apakah ada larangan tertulis perihal memanjat tugu tersebut, Titis mengatakan bahwa hal tersebut bukanlah suatu keharusan.

“Etika itu tidak harus tertulis. Etika itu dirasa. Kalau (identitas pendaki) sudah ketemu, akan menjadi catatan petugas (pendakian Gunung Lawu) untuk disikapi,” ucapnya.

Baca juga: Jangan Nekat Lewat Jalan Pintas saat Mendaki Gunung Lawu

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com