PHRI Yogyakarta Minta Kepastian Kapan Target 80 Persen Warga Bervaksin Tercapai

Kompas.com - 26/08/2021, 17:15 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menanggapi rencana pemerintah DIY untuk membuka pariwisata setelah 80 persen warganya bervaksin. 

Lebih tepatnya, pihak PHRI DIY minta kepastian kapan 80 persen warga sudah mendapatkan vaksinasi.

Kepala PHRI DIY Deddy Pranowo Eryono mengatakan kepastian target selesai vaksinasi 80 persen menjadi panduan bagi para pengelola hotel dan restoran, sehingga mereka bisa bersiap membuka kembali usahanya.

Baca juga: PHRI Yogyakarta Minta Ada Solusi Jika Lockdown Diterapkan

"Kita juga usul, apakah ada data kurang berapa persen sebetulnya untuk mencapai 80 persen itu. Kemudian sampai berapa atau bulan apa untuk mencapai 80 persen itu? Ini berhubungan dengan kita untuk budgeting planning jadi sekarang kita le genjot tu kapan to," ujarnya saat dihubungi wartawan, Kamis (26/8/2021).

Lanjut Deddy, pengelola hotel dan restoran tidak bisa langsung membuka usahanya setelah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 diperpanjang beberapa kali.

Baca juga: Industri Pariwisata di Jogja Rugi Rp 10 Triliun Selama Pandemi

"Iya ini untuk ancang-ancang, karena bisnis itu ancang-ancang. Nah ancang-ancang itu kan berdasarkan data, kalau acuannya 80 persen per hari kita diberi laporannya dong," ungkapnya.

Sambung dia, data yang dibutuhkan oleh PHRI berupa data vaksinasi di berbagai kabupaten dan kota. Misalnya saja di Kabupaten Kulon Progo, Bantul, Gunungkidul, dan Kota Yogyakarta sehingga dalam membentuk budget planning dapat lebih mudah.

Baca juga: PHRI Jogja Sambut Baik Rencana Pemerintah Adakan Work From Jogja

"Kalau itu acuannya menjadi 80 persen kita per hari diberi laporan dari pemda. Oh Kota (Yogyakarta) sekian dari penduduknya, Bantul sekian, Kulon Progo sekian lalu diakumulasi sekian. Itu akan lebih mudah kita mem-budget planning kita," ujarnya.

Ilustrasi Pantai Parangtritis, Daerah Istimewa Yogyakarta.UNSPLASH/Fahrul Razi Ilustrasi Pantai Parangtritis, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Untuk mempercepat target vaksinasi ini pihaknya telah menggelar beberapa vaksinasi Covid-19 di Yogyakarta dengan bekerjasama dengan TNI dan Polri. 

"Kemarin dua hari di SCH (Sleman City Hall), kemudian kemarin juga di Pantai Baron, masing-masing (peserta) di SCH 4.000, Pantai Baron 2.000," kata dia.

Baca juga: Desa Wisata Nglanggeran Yogyakarta Ikuti Lomba Desa Wisata UNWTO

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.