Kompas.com - 27/08/2021, 11:16 WIB

KOMPAS.com - Suku Bali adalah suku yang berasal dari Pulau Bali. Suku ini tersebar di sejumlah wilayah di Pulau Dewata tersebut.

Dilansir dari Perhiasan Tradisional Indonesia karya Husni dan Siregar, di masa lalu setiap daerah di Bali memiliki kerajan dengan budaya masing-masing. Oleh sebab itu, setiap daerah memiliki ciri khasnya tersendiri.

Agama dan keyakinan suku Bali

Suku Bali Shutterstock/Adi DharmawanShutterstock/Adi Dharmawan Suku Bali Shutterstock/Adi Dharmawan

Suku Bali tak bisa dipisahkan dengan ajaran Agama Hindu. Mayoritas masyarakat suku Bali diketahui menganut agama Hindu.

Dilansir dari Bali Aga dalam Perubahan Sosial Budaya karya I Ketut Tanu, masuknya Agama Hindu ke Bali tidak terjadi secara merata. Akibatnya muncul klasifikasi masyarakat berdasarkan kuat lemahnya pengaruh Hindu yang diterima.

"Ada kelompok masyarakat yang menerima pengaruh Hindu sangat signifikan, sebagian lagi sangat sedikit mendapat pengaruh Hindu," lanjut Tanu dalam jurnal tersebut.

Kerajaan Majapahit juga berpengaruh besar dalam keberagaman di Bali. Majaphit datang ke Bali dengan membawa pengaruh Hindu Jawa.

Baca juga: 

Setelah masuknya Kerajaan Majapahit ke Pulau Dewata, suku Bali terbagi menjadi dua golongan, yaitu Bali Aga dan Bali Majapahit.

Masyarakat Bali Aga merupakan kelompok yang sangat sedikit terpapar pengaruh Hindu Jawa dari Majapahit. Kelompok ini umumnya mendiami desa-desa di wilayah pegunungan.

Bali Aga tersebar di sejumlah wilayah Kabupaten Buleleng yang meliputi Sembiran, Sidatapa, Cempaga, Tigawasa, dan Pedawa. Mereka juga tinggal di wilayah Tenganan Pegringsingan, Kabupaten Karangasem.

Sedangkan Bali Majapahit mendiami wilayah dataran rendah. Kelompok ini merupakan kelompok yang mendapat pengaruh besar dari masuknya Majapahit ke Pulau Bali.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.