Kompas.com - 28/08/2021, 11:12 WIB

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 membuat beberapa tempat wisata terpaksa tutup sementara. Salah satunya adalah Kampung Korea Bandung yang sudah tidak beroperasi sejak Maret 2020.

Kampung Korea merupakan gagasan Wali Kota Bandung pada saat itu, Ridwan Kamil. Dilansir dari Kompas.com, Rabu (21/08/19) setelah meresmikan Little Bandung di Seoul, Ridwan Kamil berinisiatif untuk membangun Little Seoul di Bandung yang diberi nama Kampung Korea.

Setelah lebih dari satu tahun tutup, Kampung Korea memutuskan untuk melakukan perombakan atau rebranding.

Baca juga: Ketenangan Curug Mandala Subang, Wisata Alam Dekat Bandung

Kali ini, Kiara Artha Park menggandeng Kamar Dagang dan Industri Indonesia atau KADIN untuk mengoptimalkan kembali Kampung Korea.

Wakil Ketua Umum KADIN Indonesia Provinsi Jawa Barat Bidang Koperasi dan UMKM Mochammad Ryan Januar Akbar mengatakan, sebelumnya Kampung Korea dibuka secara tergesa-gesa.

"Menurut saya pribadi, pada saat itu Kampung Korea bangunan utamanya sudah bagus, tetapi tenant di dalamnya tidak jauh berbeda dengan pujasera lain dan kapasitas tenant yang mengisinya juga tidak penuh, masih dikit sekali" kata dia pada Kompas.com Jum'at (27/08/2021).

Ryan juga menjelaskan bahwa pihaknya akan mencoba memperbaiki kembali bangunan-bangunan Kampung Korea yang dinilai masih terawat sebagian besar.

Perubahan nama Kampung Korea Bandung

Selain memperbaiki bangunan, konsep dan nama dari Kampung Korea Bandung juga akan berubah.

"Karena waktunya lebih panjang, jadi kami kembali mematangkan konsep yang dulu, menjadi Korea yang lebih modern. Dari segi nama pun kami ganti menjadi Plataran Kampung Korea" ujar Ryan.

Ia melanjutkan, akan ada tiga pelataran di sana, yatu plataran A di sebelah kiri Jalan Banten, plataran tengah dengan bangunan Korea, dan plataran B di sebelah kanan Jalan Banten.

Baca juga: Wisata ke Korea Selatan, Ketahui 5 Hal Ini

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.