Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Wisata di Lebak, Ada Negeri di Atas Awan

Kompas.com - 28/08/2021, 16:04 WIB
Shalika Rahma Kencana,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tempat wisata di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten akan dibuka lagi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat dan pelaku usaha pariwisata.

Lebak adalah salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Banten dan beribu kota di Rangkasbitung. Selain kekayaan budaya, Lebak juga memiliki banyak tempat wisata yang dapat dikunjungi.

Baca juga: Wisata Lebak Buka Kembali, Termasuk Pantai Sawarna

Tempat wisata di Lebak bisa menjadi opsi wisata bagi wisatawan yang tinggal di kawasan Jakarta dan sekitarnya saat hari libur.

Berikut adalah 6 tempat wisata di Lebak yang bisa dijadikan sebagai referensi sebelum berwisata: 

1. Suku Adat Baduy

Desa Adat Baduy terletak di Desa Kenekes, Leuwidimar, Kabupaten Lebak, Banten. Wisatawan yang berkunjung ke desa adat ini dapat menikmati alamnya yang masih asri serta mengenal lebih dalam lagi mengenai budaya suku Baduy.

Kawasan Desa Adat Baduy masih ditutup dari kunjungan wisatawan Selasa (7/7/2020).KOMPAS.COM/ACEP NAZMUDIN Kawasan Desa Adat Baduy masih ditutup dari kunjungan wisatawan Selasa (7/7/2020).

Diberitakan Kompas.com, Selasa (17/8/2021), lokasinya yang berada di kaki pegunungan Kendeng membuat wisatawan yang ingin berkunjung harus berjalan kaki sekitar tiga hingga empat jam jika ingin menuju ke Baduy Dalam.

Wilayah Desa Adat Baduy terbagi menjadi dua, Baduy Dalam dan Baduy Luar. Suku Baduy Dalam adalah penduduk yang masih berpegang erat terhadap adat istiadat mereka, sedangkan Baduy Luar sudah berbaur dengan masyarakat sekitarnya.

Baca juga: Liburan ke Baduy, Wisatawan Bisa Jajal Hidup ala Suku Baduy

Dari Stasiun KRL Rangkasbitung, wisatawan bisa melanjutkan perjalanan menuju Desa Adat Baduy naik kendaraan umum berupa elf lokal. Kemudian terdapat dua jalur yang dapat dilewati, yakni Ciboleger dan Cijahe.

Perjalanan ke Baduy melalui Ciboleger memakan waktu sekitar 4-5 jam trekking. Rute melalui Ciboleger ini juga lebih ramah turis dengan fasilitas lengkap dan suasana yang cukup ramai.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com