Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Tiket KA Bandara YIA dan Rute Perjalanannya

Kompas.com - 29/08/2021, 15:03 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com – Kerete Api Bandara Yogyakarta International Airport (KA Bandara YIA) akan beroperasi secara komersial mulai September 2021.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, peluncuran KA Bandara YIA sangatlah menggembirakan.

“Ini kerja keras semuanya. Dalam hal ini, saya apresiasi kepada Menteri Perhubungan (Menhub) melalui proyek stategis nasional dengan total biaya Rp 1,1 triliun,” jelas dia dalam acara soft launching KA Bandara YIA di Kulon Progo, mengutip Kompas.com, Jumat (27/8/2021).

Baca juga: KA Bandara YIA Beroperasi, Waktu Tempuh ke Yogyakarta Hanya 40 Menit

Rute KA Bandara YIA

Sebelumnya, disebutkan bahwa KA Bandara YIA akan mulai beroperasi pada September 2021. Namun mengutip Kompas.com, Sabtu (28/8/2021), belum ada tanggal pasti terkait hal tersebut.

Saat mulai beroperasi nanti, pihak kereta bandara akan melayani 30 perjalanan dengan waktu tempuh 39 menit per perjalanan.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Sekitar Bandara YIA yang Bisa Dikunjungi

“Apabila kondisi penerbangan sudah normal, maka frekuensi akan ditingkatkan bertahap sampai 5 perjalanan dengan head way rata-rata 30 menit,” jelas Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Zulfiktri dalam keterangan resminya.

Terkait rute KA Bandara YIA, kereta akan berhenti di tiga stasiun yakni Stasiun Tugu Yogyakarta, Stasiun Wates, dan Stasiun KA Bandara dengan head way rata-rata 60 menit.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com