Kompas.com - 30/08/2021, 08:08 WIB
Museum Radya Pustaka di Kota Surakarta KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYAMuseum Radya Pustaka di Kota Surakarta

 

KOMPAS.comMuseum Radya Pustaka Surakarta di Kota Solo, Jawa Tengah masih menutup pintunya bagi wisatawan yang hendak berkunjung.

Alhasil, peminat weton Jawa dan mereka yang ingin dibacakan wetonnya harus mengurungkan niat melancong ke sana.

Filolog dan Konsultan Pawukon di Museum Radya Pustaka Surakarta bernama Totok Yasmiran mengatakan, masyarakat tidak perlu khawatir lantaran konsultasi weton bisa dilakukan secara virtual.

Baca juga: Museum Radya Pustaka Surakarta Masih Tutup, Peminat Weton Jawa Harus Sabar

“Memang selama pandemi ini, layanan kunjungan museum ditiadakan sementara. Akan tetapi untuk keperluan konsultasi weton, tetap dibuka secara daring melalui WhatsApp atau video call,” ungkapnya kepada Kompas.com, Minggu (29/8/2021).

Saat konsultasi weton atau pawukon, masyarakat bisa menanyakan apa pun seperti pencarian weton menggunakan kalender Jawa dan perjodohan, terutama untuk keperluan mengadakan acara pernikahan.

Selanjutnya, masyarakat juga bisa bertanya seputar hari untuk khitanan, boyongan, pindah rumah, mendirikan rumah, memulai usaha baru, penghitungan peringatan selamatan orang meninggal dunia, dan menanyakan pekerjaan yang cocok.

Baca juga: Langkah Museum Radya Pustaka Solo Menyelamatkan Transkrip Kuno

“Lalu pemberian nama untuk bayi, seputar masalah keluarga seperti suami dan istri yang kurang harmonis atau kenakalan anak, hingga pemilihan hari untuk operasi caesar yang teutnya atas saran dari dokter,” ucap Totok.

Totok menuturkan bahwa layanan tersebut tidak bersifat komersial. Dia bahkan tidak memasang tarif untuk konsultasi weton dan pawukon atau horoskop Jawa.

Jika ada yang ingin memberikan tanda terima kasih, dia akan menerima. Namun, jika yang memberikan tengah mengalami kesulitan, dia akan menolaknya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.