Kompas.com - 30/08/2021, 21:01 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Kereta bandara Yogyakarta International Airport (YIA) akan berbeda dengan kereta bandara di daerah lain. Pasalnya, kereta bandara YIA dihiasi berbagai motif batik seperti Batik Parang dan Kawung.

Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daop) 6 Yogyakarta Supriyanto menjelaskan, motif batik dipilih untuk menguatkan karakter Yogyakarta, mulai dari stasiun, ruang tunggu, hingga gerbong kereta.

"Ini merupakan bentuk kecintaan kita kepada baik karena ini adalah identitas kearifan lokal Yogyakarta. Memang motif batik dipilih sebagai corak dari kereta Bandara YIA," kata dia, Senin (30/8/2021).

Baca juga:

Harga Tiket KA Bandara YIA dan Rute Perjalanannya

KA Bandara YIA Resmi Beroperasi, Jarak Tempuh ke Kota Yogyakarta Lebih Cepat

Kereta Api Bandara YIA Akan Beroperasi September 2021

Motif batik terpampang di gerbong KA bandara YIA. Motif parang ditampulkan di seluruh bagian gerbong luar. Sedangkan pola batik kawung tampak di lobi dan ruang tunggu Stasiun Bandara YIA.

Motif batik ini menjadi pembeda antara kereta bandara di Yogyakarta dengan daerah lain. KA bandara ini rencananya mulai beroperasi pada bulan September mendatang yang melayani penumpang maskapai maupun penumpang umum.

"Kami ingin memberikan ciri khas bahwa ini Yogyakarta. Mulai dari kereta, stasiun desainnya benar-benar Ngayogyakarta," ujar Supriyanto.

Seputar KA Bandara YIA

Adapun, kapasitas KA bandara ada dua macam. Pertama berisi 260 orang dan kedua 200 orang. Sedangkan saat masa pandemi, akan dilakukan pembatasan sebanyak 50 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.