Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gerbong KA Bandara Yogyakarta YIA Dihiasi Motif Batik

Kompas.com - 30/08/2021, 21:01 WIB
Wisang Seto Pangaribowo,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Kereta bandara Yogyakarta International Airport (YIA) akan berbeda dengan kereta bandara di daerah lain. Pasalnya, kereta bandara YIA dihiasi berbagai motif batik seperti Batik Parang dan Kawung.

Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daop) 6 Yogyakarta Supriyanto menjelaskan, motif batik dipilih untuk menguatkan karakter Yogyakarta, mulai dari stasiun, ruang tunggu, hingga gerbong kereta.

"Ini merupakan bentuk kecintaan kita kepada baik karena ini adalah identitas kearifan lokal Yogyakarta. Memang motif batik dipilih sebagai corak dari kereta Bandara YIA," kata dia, Senin (30/8/2021).

Baca juga:

Harga Tiket KA Bandara YIA dan Rute Perjalanannya

KA Bandara YIA Resmi Beroperasi, Jarak Tempuh ke Kota Yogyakarta Lebih Cepat

Kereta Api Bandara YIA Akan Beroperasi September 2021

Motif batik terpampang di gerbong KA bandara YIA. Motif parang ditampulkan di seluruh bagian gerbong luar. Sedangkan pola batik kawung tampak di lobi dan ruang tunggu Stasiun Bandara YIA.

Motif batik ini menjadi pembeda antara kereta bandara di Yogyakarta dengan daerah lain. KA bandara ini rencananya mulai beroperasi pada bulan September mendatang yang melayani penumpang maskapai maupun penumpang umum.

"Kami ingin memberikan ciri khas bahwa ini Yogyakarta. Mulai dari kereta, stasiun desainnya benar-benar Ngayogyakarta," ujar Supriyanto.

Seputar KA Bandara YIA

Adapun, kapasitas KA bandara ada dua macam. Pertama berisi 260 orang dan kedua 200 orang. Sedangkan saat masa pandemi, akan dilakukan pembatasan sebanyak 50 persen.

"Kalau kapasitas ada yang 200 dan 260, kalau masih masa pandemi untuk KA lokal kan 50 persen kita batasi 50 persen. Termasuk KA bandara ini tetapi kita masih menunggu informasi lebih lanjut," tutur Supriyanto.

Kereta Api (KA) Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) Dok. Humas Kemenhub Kereta Api (KA) Bandara Yogyakarta International Airport (YIA)

Kemudian pada masa uji coba, total keberangkatan KA bandara YIA adalah sebanyak 8 kali. 

"Sementara ini uji coba perjalanan KA ini ada yang jam 5 pagi, ada yang 7.30, ada 10.55 sama 14.22 yang berangkat dari Yogyakarta," sambung dia.

Nantinya kereta juga berhenti di Stasiun Wates. Hal itu bertujuan agar kereta dari stasiun Kutoarjo menggunakan Prameks bisa turun di stasiun Wates dan berganti kereta ke Bandara YIA.

Baca juga: PHRI Yogyakarta Minta Kepastian Kapan Target 80 Persen Warga Bervaksin Tercapai

"Kita gunakan sebagai hub. Mungkin dari Kutoarjo ada yang naik Prameks bisa turun ke Wates untuk oper ke banadara YIA. Semua double track," imbuh Supriyanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com