4 Wisata Sekitar Kawah Sikidang Dieng, Ada Embun Upas di Candi Arjuna

Kompas.com - 31/08/2021, 08:08 WIB

KOMPAS.com - Dieng adalah dataran tinggi di Jawa Tengah yang memiliki beragam tempat wisata.

Salah satu tempat wisata di Dataran Tinggi Dieng adalah Kawah Sikidang. Walaupun masih aktif, kawah ini aman untuk dikunjungi karena kadar belerangnya yang rendah.

Baca juga: Kawah Sikidang Dieng Akan Buka Wisata Malam

Di sekitar Kawah Sikidang juga terdapat tempat-tempat wisata lainnya yang tidak kalah menarik.

Berikut adalah 4 tempat wisata di sekitar Kawah Sikidang yang telah Kompas.com rangkum:

1. Bukit Sikunir

Bukit Sikunir terletak di dataran tinggi Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah. Jarak antara bukit ini dan Kawah Sikidang adalah 5,3 kilometer (km) dengan waktu tempuh sekitar 20 menit.

Bukit tersebut terletak di ketinggian sekitar 2.300 meter di atas permukaan laut (mdpl). Wisatawan dapat menikmati keindahan pemandangan 8 gunung.

KEINDAHAN ALAM INDONESIA - Matahari terbit di belakang Gunung Sundoro terlihat dari Bukit Sikunir, Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah, Sabtu (1/11/2014).
KOMPAS.com/FIKRI HIDAYAT KEINDAHAN ALAM INDONESIA - Matahari terbit di belakang Gunung Sundoro terlihat dari Bukit Sikunir, Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah, Sabtu (1/11/2014).

Gunung-gunung yang dapat terlihat saat matahari terbit adalah Sindoro, Sumbing, Prau, Gunung Slamet, Merbabu, dan Merapi.

Menurut Operator Tour Dieng, Aji Nugroho, wisatawan dapat melihat matahari terbit dan merasakan sensasi berada di atas awan saat berkunjung ke Bukit Sikunir.

Dilansir dari Kompas.com pada Jumat (17/7/2020), Bukit Sikunir juga terkenal dengan sebutan Golden Sunrise karena keindahan alam berupa sunrise atau matahari terbit akan terlihat jelas bagi wisatawan yang sampai ke puncaknya.

Baca juga: Bukit Sikunir Buka Lagi, Ini 5 Fakta Menariknya

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Kompas.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.