Kompas.com - 01/09/2021, 16:27 WIB
Pemandangan Gunung Gede Pangrango detik-detik menjelang momen golden sunrise yang dilihat dari Desa Pasirjaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor pada Kamis (27/5/2021). kompas.com / Nabilla RamadhianPemandangan Gunung Gede Pangrango detik-detik menjelang momen golden sunrise yang dilihat dari Desa Pasirjaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor pada Kamis (27/5/2021).

KOMPAS.com – Seluruh jalur pendakian Gunung Gede Pangrango, yaitu Gunung Putri, Cibodas, dan Selabintana, dibuka kembali mulai 2 September 2021.

Pembukaan tersebut disertai dengan pembatasan kuota pendaki maksimal 25 persen. 

“Betul, mulai dibuka besok tanggal 2 September,” kata Petugas Pelayanan Pendakian TNGGP yang tidak ingin disebut namanya saat dikonfirmasi Kompas.com, Rabu (1/9/2021).

Adapun pembukaan kembali jalur tersebut berdasarkan arahan Surat Edaran (SE) Kepala Balai TNGGP Nomor 1360/BBTNGGP/Tek.2/08/2021 tentang Pembukaan Kegiatan Pendakian TN Gunung Gede Pangrango.

SE tersebut menindaklanjuti Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 38 Tahun 2021 tentang PPKM Level 4, Level 3, dan Level 2 Covid-19 di Wilayah Jawa dan Bali yang dikeluarkan pada Senin (30/8/2021).

Baca juga:

Apabila ingin mendaki dalam waktu dekat, terdapat sejumlah syarat yang perlu diketahui termasuk syarat terbarunya yakni sebagai berikut:

  • Calon pendaki wajib reservasi pendakian di laman http://booking.gedepangrango.org/
  • Wajib menunjukkan sertifikat vaksin Covid-19 minimal dosis pertama lewat aplikasi PeduliLindungi
  • Jika belum divaksin, wajib menunjukkan hasil negatif rapid antigen yang sampelnya diambil maksimal 1x24 jam sebelum keberangkatan
  • Merujuk poin sebelumnya, alternatifnya adalah hasil negatif tes PCR yang sampelnya diambil maksimal 2x24 jam sebelum keberangkatan
  • Pendakian hanya diizinkan untuk 2 hari 1 malam
  • Semua pendaki wajib mengunggah identitas yang masih berlaku, seperti KTP, SIM, kartu pelajar/mahasiswa, paspor, atau surat keterangan domisili dari RT/RW setempat (untuk yang belum punya kartu identitas) saat reservasi pendakian
  • Pendakian hanya untuk minimum 3 orang dan maksimal 10 orang
  • Pendaki diizinkan memasuki kawasan pendakian antara pukul 06.00-18.00 WIB
  • Wajib membawa perlengkapan pendakian yang memadai dan sesuai standar
  • Wajib menggunakan masker, sarung tangan jika memungkinkan, membawa hand sanitizer, menjaga jarak antarpendaki, mengisi tenda maksimal 50 persen dari kapasitas normal, dan menjaga jarak antartenda
  • Wajib membawa kantong sampah
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.