Kompas.com - 03/09/2021, 21:25 WIB
Ilustrasi Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah. shutterstock/Zakki Photo CreativeIlustrasi Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah.

JEPARA, KOMPAS.com - Taman Nasional Karimunjawa di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, kembali resmi dibuka untuk kunjungan wisata. 

Bupati Jepara Dian Kristiandi menyampaikan, wisatawan sudah bisa mengunjungi lokasi tersebut lantaran Kabupaten Jepara berstatus Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2.

"Untuk wisata di Karimunjawa sudah dibuka sejak 16 Agustus karena (PPKM) Level 2," kata Andi, sapaan Bupati Jepara, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (3/9/2021).

Baca juga:

Walau sudah dibuka, namun kapasitas pengunjung tetap dibatasi menjadi 25 persen untuk mengantisipasi penyebaran pandemi Covid-19. Pembatasan tersebut mengacu pada Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri).

Moda transportasi laut yang disediakan hanya boleh mengangkut 50 persen pengunjung dengan tujuan ke Karimunjawa.

"Penyeberangan kapasitas (penumpangnya) 50 persen," ujar Andi.

Wajib bawa kartu vaksin Covid-19

Ilustrasi Karimunjawa - Pantai Anora.SHUTTERSTOCK Ilustrasi Karimunjawa - Pantai Anora.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jepara Zamroni mengatakan, sebelum berangkat melalui jalur laut ke Karimunjawa, wisatawan diwajibkan menunjukkan kartu atau sertifikat vaksin Covid-19.

Mereka juga wajib membawa surat keterangan hasil tes swab negatif Covid-19.

"Monitoring mulai dari awal pemberangkatan. Minimal jalani swab antigen dan harus ada bukti vaksinasi," terang Zamroni.

Baca juga:

Menurutnya, dengan status PPKM level 2, pembukaan kembali Karimunjawa kali ini tak lagi berupa simulasi seperti halnya daerah lain yang masih berstatus PPKM Level 3 dan 4.

Sebelumnya Taman Nasional Karimunjawa ditutup untuk wisatawan sejak awal Juli karena adanya PPKM Level 3 dan 4.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.