Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desa Nglanggeran, Wisata Lengkap dari Gunung Api Purba sampai Air Terjun

Kompas.com - 04/09/2021, 08:56 WIB
Kistin Septiyani,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Desa Nglanggeran merupakan salah satu desa wisata yang ada di Yogyakarta. Desa ini tepatnya berlokasi di Kecamatan Patuk, GunungKidul.

Desa Wisata Nglanggeran menjadi salah satu desa yang berhasil masuk ke dalam Top 100 Destinasi Berkelanjutan Dunia versi Global Green Destinations Days (GGDD) tahun 2018.

Wisatawan dapat menjumpai wisata alam, budaya, dan edukasi di Desa Nglanggeran. Mulai dari Gunung Api Purba, sampai Kampung Pitu.

Baca juga: Desa Wisata Nglanggeran Yogyakarta Ikuti Lomba Desa Wisata UNWTO

Sayangnya, untuk sementara waktu Desa Nglanggeran belum dapat dikunjungi terkait kebijakan Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

"Untuk destinasi di desa Nglanggeran sendiri saat ini masih tutup. Jadi kita dari tanggal 3 Juli 2021 sampai saat ini, sementara kita masih tutup," kata anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Nglanggeran Sugeng Handoko kepada Kompas.com, Kamis (2/9/2021).

Berikut ini sederet obyek wisata di Desa Nglanggeran yang dapat dikunjungi setelah PPKM.

Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Api Purba Nglanggeran menjadi salah satu tempat wisata menarik di desa ini. Gunung purba ini memiliki ketinggian 700 mdpl.

Pengunjung bisa melihat matahari terbit pada pagi hari dan sunset saat petang. Butuh waktu sekitar 50 menit sampai satu jam dari kaki gunung untuk sampai ke puncaknya.

Kawasan Puncak Gunung Api Purba Nglanggeran, Gunungkidul, YogyakartaKOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Kawasan Puncak Gunung Api Purba Nglanggeran, Gunungkidul, Yogyakarta

"Ya contohnya di Gunung Api Purba itu lebih banyak orang yang suka petualangan," tutur Sugeng.

Ada pula Gunung Lima Jari yang membentang luas, tak jauh dari obyek wisata ini. Pengunjung juga dapat berkemah di Gunung Api Purba Nglanggerang. Camping ground terletak sekitar 50 meter dari puncak.

Baca juga: Live In di Gunung Api Purba Nglanggeran Sudah dibuka, Mau Coba?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com