Kompas.com - 04/09/2021, 19:30 WIB

KOMPAS.com - Filipina akan mencabut larangan kedatangan dari Indonesia mulai 6 September 2021.

Selain Indonesia, Filipina juga akan mengakhiri pembatasan perjalanan untuk sembilan negara lainnya, yakni India, Pakistan, Bangladesh, Sri Lanka, Nepal, Uni Emirat Arab (UEA), Oman, Thailand, dan Malaysia. 

"Presiden Rodrigo Roa Duterte menyetujui rekomendasi dari Inter-Agency Task Force (IATF) untuk mencabut pembatasan perjalanan di India, Pakistan, Bangladesh, Sri Lanka, Nepal, Uni Emirat Arab, Oman, Thailand, Malaysia, dan Indonesia mulai 6 September 2021," terang Juru Bicara Kepresidenan Filipina Harry Roque, Sabtu (4/9/2021), dikutip dari Philippines News Agency (PNA).

Baca juga:

Kendati demikian, wisatawan mancanegara (wisman) yang masuk ke Filipina wajib menjalani sejumlah tes dan karantina tergantung negara asal. 

Menurut The Straits Times dan Reuters, wisatawan dari ke-10 negara akan wajib menjalani masa karantina selama 14 hari setibanya di Filipina. 

Dilansir dari Kompas.com, Rabu (14/7/2021), Filipina melarang kedatangan dari Indonesia mulai 16 Juli 2021 untuk mencegah penyebaran pandemi Covid-19, khususnya varian Delta. 

Selain itu, Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Indonesia pada saat itu juga mengimbau agar warga Indonesia menunda perjalanan selama pandemi Covid-19, termasuk ke Filipina. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.