Kompas.com - 05/09/2021, 08:33 WIB

KOMPAS.com - Tingkat okupansi hotel di kawasan Puncak bagian Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, meningkat hingga 70 persen jika dibandingkan dengan minggu lalu.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Cianjur, Nano Indra Praja, menjelaskan, peningkatan baru terjadi minggu ini setelah kabupaten tersebut berstatus Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2.

Ia menambahkan bahwa sejumlah tempat wisata kembali dibuka, alhasil kunjungan wisatawan kembali meningkat.

"Laporan dari anggota PHRI Cianjur, tingkat hunian meningkat hingga 50 persen, bahkan ada yang mencapai 70 persen. Kalau tidak ada penerapan ganjil genap, kemungkinan hotel di kawasan Puncak-Cipanas akan terisi penuh," ujar Nano pada Sabtu (4/9/2021), dikutip dari Antara.

Kendati demikian, pihaknya tetap mendukung program pemerintah agar penyebaran pandemi Covid-19 tidak kembali tinggi. 

Baca juga:

Sementara itu, Manager Marcom Le Eminence Hotel Muhamad Rizky Sutrisna menjelaskan, tingkat okupansi di hotel tersebut mencapai 70 persen dengan 260 kamar terisi. 

Menurutnya, apabila tidak ada kebijakan ganjil genap di jalur Puncak-Cianjur, maka persentase tersebut akan mencapai 100 persen. 

"Kalau tidak ada penerapan ganjil genap dari 360 kamar yang ada sudah terpesan, namun seratusan pesanan dibatalkan karena penerapan ganjil genap. Namun ada untungnya juga, sebagian kecil tamu yang menginap memperpanjang sewa kamar untuk menghindari ganjil genap," jelasnya.

Berimbas pada tingkat hunian vila

Ilustrasi hotel.SHUTTERSTOCK/Chinnapong Ilustrasi hotel.

Sejumlah pengelola hotel dikabarkan menolak tamu sebagai bentuk penerapan protokol kesehatan. Hal tersebut memengaruhi tingkat hunian vila di wilayah yang sama, salah satunya di Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur. 

Halaman:
Sumber Antara


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.