Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waktu Terbaik dan Lama Pendakian di Gunung Prau

Kompas.com - 06/09/2021, 15:14 WIB
Nabilla Ramadhian,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

 

KOMPAS.comGunung Prau merupakan salah satu gunung di Jawa Tengah yang masuk dalam empat kabupaten yakni Batang, Kendal, Temanggung, dan Wonosobo.

Saat ini, seluruh jalur pendakian Gunung Prau yakni via Dieng, Patak Banteng, Kalilembu, Igirmranak, Dwarawati, dan Wates telah dibuka kembali sejak 4 September 2021.

Baca juga: Kabar Gembira! Seluruh Jalur Pendakian Gunung Prau Sudah Buka Lagi

Tidak dapat dipungkiri, kabar gembira ini mungkin akan membuat banyak pendaki bergegas untuk menuju Gunung Prau—termasuk para pendaki pemula.

Seorang pemandu gunung profesional bernama Fandhi Achmad mengatakan, estimasi pendakian Gunung Prau adalah sekitar 3-4 jam saja dari basecamp sampai ke puncak, mengutip Kompas.com, Jumat (25/4/2017).

Adapun, kisaran waktu pendakian ini membuat Gunung Prau cocok untuk pemula dan digemari banyak pendaki.

Baca juga: Apa yang Membuat Gunung Prau Selalu Ramai Dikunjungi?

Lama pendakian Gunung Prau

Meski waktu pendakian Gunung Prau dikisarkan hanya 3-4 jam dari basecamp menuju puncak, tidak dapat disangkal bahwa waktu tempuh tergantung pada jalur dan kondisi fisik pendaki yang bersangkutan.

Misalnya saja jalur pendakian Gunung Prau via Kalilembu. Mengutip informasi Jalur Virtual Prau dalam akun Instagram @prau_mountain, Rabu (2/6/2021), waktu pendakian hanya 3 jam 20 menit.

Baca juga: Pendakian Gunung Prau, Catat Syarat Terbarunya

Dari Basecamp Kalilembu menuju Pos 1 Lemah Tugel dan dari Pos 1 Lemah Tugel menuju Pos 2 Bukit Pandang, masing-masing waktu tempuhnya adalah 45 menit. Dari basecamp menuju Pos 2 adalah 1 jam 30 menit.

Selanjutnya, waktu tempuh dari Pos 2 Bukit Pandang ke Pos 3 dan dari Pos 3 ke Puncak 2.590 mdpl masing-masing adalah 30 menit. Perjalanan dari basecamp ke Puncak 2.590 mdpl adalah 2 jam.

Dari Puncak 2.590 mdpl menuju Camp Telaga Wurung adalah 10 menit, lalu dari Camp Telaga Wurung ke puncak adalah 40 menit.

Baca juga: Rute Menuju Basecamp Pendakian Gunung Prau via Igirmranak

Kendati demikian, perlu dicatat bahwa estimasi waktu pendakian 3 jam 20 menit belum termasuk berapa sering seorang pendaki berhenti untuk istirahat dan berapa lama mereka akan istirahat.

Selain itu, estimasi waktu tersebut juga belum memperhitungkan kondisi fisik seseorang seperti apakah mereka tidak bisa mendaki dengan cepat, dan sebagainya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com