Kompas.com - 06/09/2021, 16:13 WIB

 

KOMPAS.com – Tiga site wisata alam dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yakni Penanjakan, Bukit Kedaluh, dan Bukit Cinta sudah dibuka kembali untuk wisatawan per 6 September 2021.

“Pendakian Gunung Semeru belum dibuka, pembukaan ini hanya di tiga view point saja,” kata Humas Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Sarif Hidayat, Senin (6/9/2021).

Baca juga: Mengenal Suku Tengger di Kawasan Bromo, Peradaban sejak Zaman Majapahit

Pria yang akrab disapa Ayip itu melanjutkan, pembukaan kembali tiga site wisata alam tersebut berdasarkan Surat Pengumuman Balai Besar TNBTS Nomor PG 25/T.8/BIDTEK/BIDTEK.1/KSA/9/2021.

Adapun, Surat Pengumuman tentang Pembukaan Objek dan Daya Tarik Wisata Alam di Kawasan TNBTS Kabupaten Pasuruan.

Dalam surat tersebut, kunjungan pada tiga site wisata alam dibatasi kuota hariannya menjadi 25 persen yakni, sebagai berikut:

  • Site wisata alam Pananjakan untuk 222 orang per hari
  • Site wisata alam Bukit Kedaluh untuk 107 orang per hari
  • Site wisata alam Bukit Cinta untuk 31 orang per hari

“Pembukaan per 6 September ini, dan pembelian tiket masuk melalui daring,” tuturnya.

Baca juga: Kawasan Bromo Tengger Semeru Jadi Habitat Ideal bagi Elang Jawa

Pintu masuk hanya lewat Kabupaten Pasuruan

Kawasan Gunung Bromo.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Kawasan Gunung Bromo.

Kawasan TNBTS mencakup wilayah Kabupaten Malang, Probolinggo, Lumajang, dan Pasuruan. Kendati demikian, mengutip salah satu unggahan akun Instagram @bbtnbromotenggersemeru, Senin, pintu masuk yang dibuka hanya pada satu kabupaten saja.

“Dikarenakan jalur di Kabupaten Malang, Probolinggo, dan Lumajang masih berada pada Level 3 dan Level 4, maka untuk sementara pintu masuk hanya dibuka melalui jalur Kabupaten Pasuruan (Level 2) dulu saja,” tulis akun resmi TNBTS.

Baca juga: Pemerintah Akan Bangun Jembatan Kaca di Kawasan Bromo

Apabila ingin berkunjung, calon wisatawan bisa membeli tiket secara daring melalui situs https://bookingbromo.bromotenggersemeru.org/.

Di laman itu, terdapat banyak syarat dan aturan yang wajib dilakukan ketika ingin berkunjung. Salah satunya membawa bukti vaksin Covid-19 minimal dosis pertama.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, hingga berita ini ditulis, kuota kunjungan pada tiga site wisata alam TNBTS masih belum tersedia hingga akhir September.

Baca juga: Wisatawan Masih Berusaha Masuk ke Bromo saat Tutup akibat PPKM

Untuk pembelian tiket, kamu bisa tunggu beberapa jam atau beberapa hari kemudian untuk mengecek apakah pihak TNBTS sudah memperbarui status ketersediaan kuota kunjungan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.