Kompas.com - 09/09/2021, 09:15 WIB
Candi Ratu Boko Shutterstock.comCandi Ratu Boko

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Taman Wisata Candi (TWC) masih menunggu QR code dari pemerintah pusat untuk digunakan sebagai pendataan para pengunjung.

Adapun tiga candi yakni Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (Keraton Ratu Boko), telah diizinkan ikut uji coba pembukaan tempat wisata oleh pemerintah pusat. Ketiga candi itu dikelola oleh PT TWC. 

Corporate Secretary PT TWC Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko Emilia Eny Utari menyampaikan pihaknya siap untuk melakukan uji coba pembukaan tempat wisata tersebut.

"Kami masih menunggu barcode (QR Code) dari Kemenparekraf untuk simulasi penggunaan aplikasi PeduliLindungi," kata Emilia saat dihubungi, Rabu (9/8/2021).

Hal itu karena uji coba pembukaan tempat wisata wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

Baca juga:

Nantinya para pengunjung yang memasuki area wisata diminta untuk memindai QR Code di setiap pintu masuk. Tidak hanya wisatawan, para karyawan TWC juga wajib melakukan pemindaian QR Code.

Ia melanjutkan, PT TWC sendiri membawahi empat destinasi wisata selain di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah. Pihaknya juga mengelola Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang ada di Jakarta.

Keempat destinasi wisata itu termasuk 20 destinasi wisata yang mendapa rekomendasi untuk ikut uji coba pembukaan selama PPKM Level 3.

Candi Borobudur saat matahari terbenam.  .SHUTTERSTOCK/Dmitry Zimin Candi Borobudur saat matahari terbenam. .

"Dalam waktu dekat kalau sudah simulasi baru diizinkan buka, harus menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Tapi ini menunggu barcode dulu," katanya.

Selain pemindaian QR Code, tempat wisata juga harus memenuhi sertifikat CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environmental Sustainability) dan penerapan protokol kesehatan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.