Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

15 dari 64 Tempat Wisata di Banyuwangi Mulai Buka

Kompas.com - 10/09/2021, 15:59 WIB
Kontributor Banyuwangi, Imam Rosidin,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Pariwisata Banyuwangi kembali dibuka pada Jumat (10/9/2021). Namun dari hanya 15 dari 64 tempat wisata saja yang buka.

"Sementara terdapat 15 destinasi yang dibuka, dari 64 destinasi yang ada di Banyuwangi. Memang tidak semuanya. Ini hasil dari survei teman-teman asosiasi," kata Kepala Dinas Pariwisata Banyuwangi MY Bramuda, Jumat.

15 tempat wisata yang boleh buka di Banyuwangi tersebut mayoritas adalah wisata alam. Untuk kolam renang, sampai saat ini masih belum boleh buka.

Baca juga: Banyuwangi Bersiap Buka Wisata, Rancang Aplikasi Mirip PeduliLindungi

Adapun berdasarkan hasil rapat koordinasi (rakor), tempat wisata di Banyuwangi boleh buka lagi dengan berbagai ketentuan.

Jumlah pengunjung di tempat wisata hanya 25 persen dari kapasitas maksimal. Para pelaku wisata juga harus sudah divaksin.

Tiap tempat wisata harus menggunakan aplikasi PeduliLindungi atau menyediakan barcode untuk di-scan.

Kawah Ijen Jawa Timur.shutterstock.com/mazzur Kawah Ijen Jawa Timur.

 

Pengunjung wajib menunjukan sertifikat vaksin sebagai syarat masuk ke tempat wisata di Banyuwangi.

Bramuda mengatakan, pariwisata Banyuwangi di masa pandemi ini mengandalkan quality tourism, bukan mass tourism.

Baca juga: Pemkab Banyuwangi Salurkan Bantuan 2,1 Ton Beras ke Pelaku Wisata di Kawah Ijen

“Karena itu, akan lebih dioptimalkan untuk menjual paket wisata dengan tiket terusan ke berbagai destinasi," ujar Bramuda.

Siap terapkan protokol kesehatan

Sementara itu, ketua Asosiasi Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Banyuwangi Abdul Aziz mengaku siap menerapkan disiplin protokol kesehatan untuk melindungi semua pengunjung dan pengelola wisata.

"Kami bersama teman-teman Pokdarwis berkomitmen untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat, termasuk menggunakan aplikasi PeduliLindungi," kata Azis yang juga ketua Pokdarwis Pantai Grand Watudodol.

Pagi hari di Pantai Watudodol di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Senin (8/8/2016). Kabupaten Banyuwangi yang mempunyai julukan sebagai 'Sunrise of Java' tersebut memiliki sejumlah tempat wisata andalan pantai maupun pegunungan dan dikenal hingga mancanegara.KOMPAS/BAHANA PATRIA GUPTA Pagi hari di Pantai Watudodol di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Senin (8/8/2016). Kabupaten Banyuwangi yang mempunyai julukan sebagai 'Sunrise of Java' tersebut memiliki sejumlah tempat wisata andalan pantai maupun pegunungan dan dikenal hingga mancanegara.

Menurut dia, jangan sampai keteledoran dalam penerapan protokol kesehatan mengakibatkan tempat wisata ditutup lagi.

"Ini adalah komitmen kami semua," kata dia.

Baca juga: Pelaku Wisata Banyuwangi Benahi Fasilitas Wisata

15 tempat wisata di Banyuwangi yang buka adalah Pantai Pulau Merah, Kawah Ijen, Alas Purwo, Pantai Mustika, Pantai Cacalan, Grand Watudodol, Wisata Bahari Bunder, Pantai Cemara, Sendang Seruni, Jagir, Jopuro, Teluk Banyu Biru, Pinus, Terakota, dan Pantai Boom.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com