Kompas.com - 10/09/2021, 20:31 WIB
Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi, Jawa Timur  DOK. Shutterstock/Agus Sudharnoko Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi, Jawa Timur DOK. Shutterstock/Agus Sudharnoko

 

KOMPAS.com – Balai Taman Nasional (TN) Alas Purwo akan menyambut kembali wisatawan per 13 September 2021.

Namun, Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah I TN Alas Purwo Probo Wresni Adji mengatakan, ada aturan terkait batas usia wisatawan yang hendak berkunjung.

“Iya (anak di bawah 12 tahun belum bisa berkunjung),” kata dia kepada Kompas.com, Jumat (10/9/2021).

Baca juga:

Adapun, hal ini berkaitan dengan salah satu aturan terbaru kunjungan ke TN Alas Purwo yang menyatakan bahwa wisatawan wajib menunjukkan bukti vaksin Covid-19 minimal dosis pertama.

Aturan ini tertera dalam Surat Edaran (SE) Balai TN Alas Purwo Nomor SE.10/T.38/TU-5/KSA.3.1/09/2021 tentang Pembukaan Kunjungan Wisata ke Kawasan TN Alas Purwo.

“Anak belum vaksin juga belum bisa sekolah tatap muka, belum bisa masuk mal juga kan. Intinya untuk keamanan dan kepentingan bersama,” lanjut Probo.

Baca juga:

Terkait pembukaan kembali kawasan wisata TN Alas Purwo, hal ini juga mengacu pada SE Balai TN Alas Purwo yang telah disebutkan sebelumnya.

Dalam surat yang dikeluarkan pada Rabu (8/9/2021), pembukaan kembali dilakukan dengan memerhatikan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 39 Tahun 2021 tentang PPKM Level 4, Level 3, dan Level 2 Covi-19 di Wilayah Jawa dan Bali.

Taman Nasional Alas Purwo, geopark yang ada di Banyuwangi, Jawa Timur.ARSIP HUMAS PEMKAB BANYUWANGI Taman Nasional Alas Purwo, geopark yang ada di Banyuwangi, Jawa Timur.

Ada juga SE Satgas Covid-19 Kabupaten Banyuwangi Nomor 58/SE/STPC/2021 tentang PPKM Level 2 Covid-19 di Kabupaten Banyuwangi.

Baca juga:

“Maka bersama ini kami sampaikan bahwa kunjungan wisata ke kawasan TN Alas Purwo dibuka mulai Senin, 13 September 2021,” seperti yang tertera dalam surat itu.

Untuk syarat kunjungannya, selain wajib menunjukkan bukti vaksin Covid-19, wisatawan juga wajib mengunduh aplikasi PeduliLindungi, mematuhi protokol kesehatan, dan perhatikan pembatasan kuota kunjungan yakni 25 persen.

Jika ingin berkunjung, jam operasional TN Alas Purwo masih sama dengan sebelum penutupan akibat PPKM Jawa-Bali, yaitu setiap hari pukul 08.00-16.00 WIB.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.