Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Pameran yang Bisa Disaksikan di Museum 9/11 World Trade Center, AS

Kompas.com - 11/09/2021, 08:08 WIB
Kistin Septiyani,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tragedi penyerangan World Trade Center (WTC) pada 11 September 2001 begitu membekas. Peristiwa tersebut menjadi salah satu aksi teror yang menggemparkan dunia.

Peristiwa tersebut hingga kini masih menjadi perbincangan menarik di seluruh dunia. Sebagai bentuk penghormatan pada para korban dan pengingat atas peristiwa tersebut, pemerintah setempat mendirikan monumen dan museum di lokasi kejadian.

Museum 9/11 terletak di World Trade Canter, New York. Di museum tersebut pengunjung dapat menyaksikan koleksi yang berkaitan dengan aksi penyerangan 20 tahun silam.

Baca juga: Uniknya Kereta Kafe dan Museum di Madiun, Bisa Makan di Dalam Kereta

Dilansir dari situs resmi 9/11 Memorial and Museum, pihak pengelola juga menggear eksibisi di teempat tersebut. Berikut ini 4 pameran atau eksibisi  yang dapat disaksikan di Museum 9/11:

Historical Exhibition: September 11, 2001

Pameran sejarah ini mempersembahkan kisah tentang tragedi 9/11. Pameran ini menceritakan kembali tragedi penyerangan tersebut menggunakan artefak, gambar, cerita saksi mata, arsip suara, dan rekaman video.

Museum 9/11 di World Trade Center, New York, Amerika Serikat DOK. Jin S. Lee via 911memorial.orgJin S. Lee via 911memorial.org Museum 9/11 di World Trade Center, New York, Amerika Serikat DOK. Jin S. Lee via 911memorial.org

Pameran ini tersusun dari tiga bagian, yaitu Events of the Day, Before 9/11, dan After 9/11. Setiap bagian tersebut menunjukkan serangkaian kisah dari sebelum hari penyerangan hingga dampak setelah penyerangan.

Bagian Before 9/11 menceritakan tentang konteks sejarah yang melatarbelakangi peristiwa penyerangan tersebut.

Events of the Day menunjukkan hari terjadinya penyerangan. Sedangkan bagian After 9/11 menunjukkan dampak langsung dan reakssi dari serangan teroris tersebut.

Baca juga: 4 Tempat Wisata Sekitar Alun-alun Batu, Ada Museum Tubuh

Memorial Exhibition: In Memoriam

Pameran ini merupakan penghormatan kepada 2.977 orang yang terbunuh dalam aksi penyerangan 9/11/2001. Penghormatan tersebut tak hanya ditujukan bagi korban di WTC, tetapi juga korban yang tewas di Pentagon dan Pennsylvania.

Museum 9/11 World Trade Center, New York, Amerika Serikat DOK. Dan Winters via 911memorial.orgDan Winters via 911memorial.org Museum 9/11 World Trade Center, New York, Amerika Serikat DOK. Dan Winters via 911memorial.org

Memorial Exhibition: In Memoriam juga memberikan penghormatan pada 3 korban yang meninggal di World Trade Center dalam serangan bom 3 Februari 1993.

Baca juga: Museum Radya Pustaka Tutup, Konsultasi Weton Jawa Buka Secara Virtual

Revealed: The Hunt for Bin Laden

Pameran ini menunjukkan kegiatan intelijen dan militer dalam memburu Osama bin Laden, pemimpin Al Qaeda. Ia menjadi target utama pemerintah AS sejak tahun 1992.

Museum 9/11 di World Trade Center, New York, Amerika Serikat DOK, C&G Partners via 911memorial.orgC&G Partners via 911memorial.org Museum 9/11 di World Trade Center, New York, Amerika Serikat DOK, C&G Partners via 911memorial.org

Eksebisi Revealed: The Hunt for Bin Laden mengungkap aktivitas militer hingga akhirnya berhasil menangkap dan menghabisi Osama bin Laden di Abbotabad, Pakistan pada 2011.

Pameran  ini berlangsung sampai Januari 2022. Pengunjung juga bisa menelusuri pameran ini secara online.

Baca juga: Museum Radya Pustaka Surakarta Masih Tutup, Peminat Weton Jawa Harus Sabar

K-9 Courage

K-9 Courage merupakan pameran terbaru di Museum 9/11. Pameran ini cukup berbeda dengan tiga sebelumnya.

Museum 9/11 di World Trade Center, New York, Amerika Serikat DOK, Jin S. Lee via 911memorial.orgJin S. Lee via 911memorial.org Museum 9/11 di World Trade Center, New York, Amerika Serikat DOK, Jin S. Lee via 911memorial.org

Jika tiga pameran sebelumnya berfokus pada peristiwa, korban, dan upaya pemerintah membasmi teroris, K-9 Courage ini lebih berfokus pada ratusan anjing yang berpartisipasi dalam proses penyelamatan pasca-serangan.

Pengunjung dapat menyaksikan foto dari ratusan anjing tersebut di sepanjang dinding dan lorong tempat pameran tersebut digelar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com