Kompas.com - 11/09/2021, 14:02 WIB

MALANG, KOMPAS.com - Festival Kampung Cempluk ke-11 akan digelar secara virtual. Hal ini berkaitan dengan pandemi Covid-19 yang masih berlangsung.

Gelaran festival secara virtual ini merupakan kali kedua yang dilaksanakan para pemuda di Kampluk Cempluk, Desa Kalisongo, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang.

Sebelumnya pada Festival Kampung Cempluk ke-10 yang berlangsung pada September 2020, festival itu juga digelar secara virtual.

Baca juga: Itinerary 2 Hari 1 Malam Jelajahi Wisata Malang Raya Terbaru

Penggagas Festival Kampung Cempluk bernama Redy Eko Prasetyo mengatakan bahwa terselenggaranya festival secara virtual itu sebagai salah satu bentuk keberlangsungan gelaran seni budaya lokal yang sudah dilakukan sejak 2010.

"Salah satu bentuk eksistensi tersebut dibuktikan dengan terselenggaranya acara festival kampung atau bisa disebut juga sebagai hari raya kebudayaan Kampung Cempluk," kata dia kepada Kompas.com, Sabtu (11/9/2021).

Meski dilakukan virtual, sambung dia, Festival Kampung Cempluk tetap menghadirkan pertunjukan seni budaya yang menjadi kearifan lokal.

Redy meneruskan, pandemi pun menuntut semua pihak untuk selalu beradaptasi dengan iklim teknologi informasi.

"Adanya pandemi ini menuntut seluruh pihak termasuk Kampung Cempluk untuk beradaptasi dan berdampingan dengan pekembangan teknologi Informasi dan komunikasi," tutur dia.

Tema Festival Kampung Cempluk 2021

Pada gelaran tahun ini, Festival Kampung Cempluk mengambil tema "Meluaskan Pandangan serta Mempertajam Pikiran".

Tema itu diambil dari penggalan catatan Mohammad Hatta yang merupakan bapak pendiri bangsa.

Baca juga: 5 Wisata Malang Raya Terbaru 2021, Cocok untuk Dolan Akhir Pekan

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.