Kompas.com - 12/09/2021, 21:07 WIB

MALANG, KOMPAS.com - Wisatawan yang akan mengunjungi Jatim Park 2 di Kota Batu, Jawa Timur, banyak yang kembali.

Hal ini berkaitan dengan aturan pembatasan usia untuk tempat wisata yang diuji coba buka di daerah PPKM level 3.

Sesuai aturan, wisatawan yang boleh masuk berusia 12 tahun hingga 70 tahun. Dengan begitu, wisatawan yang berusia di bawah 12 tahun dan di atas 70 tahun tidak diperkenankan masuk.

Baca juga: 4 Tempat Wisata di Jawa Timur akan Buka Lagi, Ada Jatim Park 2

"Mereka belum banyak tahu kalau anak-anak di bawah 12 tahun tidak boleh atau mereka mau coba-coba," kata Manager Marketing and Public Relations Jawa Timur Park Group Titik S Ariyanto, Minggu (12/9/2021).

Titik mengatakan bahwa pada hari pertama dibuka, yakni Sabtu (11/9/2021), wisatawan yang harus kembali karena membawa anak berusia di bawah 12 tahun sebanyak 150 orang. Sedangkan, wisatawan yang masuk dan mememuhi syarat sekitar 140 orang.

"Checker (wisatawan yang masuk) kemarin 140-an. Untuk yang kembali sekitar 150 orang," katanya.

Kolam flamingo, salah satu spot di Jatim Park 2. SHUTTERSTOCK/INTAMA GUNAWAN Kolam flamingo, salah satu spot di Jatim Park 2.

Adapun pada hari ini, Minggu (12/9/2021), wisatawan yang harus kembali karena aturan batasan usia sekitar 202 orang dan wisatawan yang masuk ke lokasi wisata sebanyak 158 orang.

Dilihat dari angka tersebut, lebih banyak wisatawan yang memilih gagal berlibur karena aturan batasan usia.

Baca juga: Ada Batasan Usia, Taman Rekreasi Selecta di Batu Tidak Jadi Dibuka

Meski begitu, Titik mengatakan bahwa Jatim Park 2 yang ada di bawah pengelolaan Jatim Park Group tetap beroperasi sesuai aturan yang berlaku.

Jatim Park 2 merupakan salah satu tempat wisata di Jawa Timur yang lolos untuk dibuka dalam masa uji coba untuk daerah dengan PPKM level 3.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.