Kompas.com - 13/09/2021, 08:08 WIB

KOMPAS.com - Hari Kunjung Perpusatakaan jatuh pada Selasa (14//9/2021). Perayaan tersebut ditetapkan sejak tahun 1995 silam.

Dilansir dari situs resmi Perpustakaan Nasional, September juga ditetapkan sebagai Bulan Gemar Membaca. Penetapan tersebut diharapkan dapat meningkatkan minat baca masyarakat.

Perpustakaan memiliki peran penting dalam menyediakan informasi melalui buku dan arsip yang dimiliki.

Tak hanya sebagai tempat pengumpulan arsip dan buku-buku, sejumlah perpustakaan di tanah air juga memiliki konsep yang unik dan menarik. Salah satunya adalah Bima Microlibrary.

Baca juga: Belajar di Rumah Aja, Manfaatkan Layanan Digital Perpustakaan Nasional

Misi besar Microlibrary

Dilansir dari situs resmi Microlibrary, perpustakaan ini merupakan bagian dari program bertajuk 100 Microlibraries yang mulai dicanangkan pada 2012 silam. 

Bima Microlibrary, Taman Bima, Kota Bandung DOK. Sanrok Studio via miclib.comSanrok Studio via miclib.com Bima Microlibrary, Taman Bima, Kota Bandung DOK. Sanrok Studio via miclib.com

Misi dari program tersebut adalah membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan terjangkau bagi masyarakat. Misi tersebut diwujudkan dengan membangun perpustakaan-perpustakaan berkonsep menarik.

"Fungsi dari desain yang indah dapat membuat perpustakaan menarik lagi," tulis pihak pengelola dalam portal resmi Microlibrary.

Baca juga: Cegah Virus Corona, Perpustakaan Nasional Tutup Selama 2 Minggu

Libatkan komunitas lokal

Bima Microlibrary merupakan perpustakaan yang berdiri di Taman Bima, Bandung sejak tahun 2016. Perpustakaan ini merupakan bangunan pertama yang didirikan dari program Microlibrary.

Perpustakaan ini menyediakan fasilitas membaca kecil bagi komunitas. Pihak pengelola juga bekerja sama dengan komunitas lokal dalam proses perencanaan pembangunan perpustakaan.

Tak hanya di kota besar, perpustakaan sejenis rencananya juga akan dibangun di berbagai daerah Indonesia.

Baca juga: Wisata Edukatif di Jakarta, Mengunjungi Perpustakaan dengan Fasilitas Modern

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.