Kompas.com - 13/09/2021, 14:10 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), menurunkan target Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun 2021.

Target diturunkan sebesar Rp 6 miliar karena adanya penutupan beberapa kali saat pemberlakuan PPKM.

"Saat Rancangan PBD Perubahan kami usulkan dari eksekutif (PAD) kita turunkan dari Rp 18 Miliar ke Rp 12 Miliar, atau turun Rp 6 miliar," kata Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul, Harry Sukmono, Senin (13/9/2021).

Dijelaskan, PAD pariwisata dari awal tahun sampai dengan sebelum diterapkannya PPKM yaitu sebesar 8.388.121.449.

Baca juga:

 

Adapun pertimbangan menurunkan target PAD karena beberapa alasan, di antaranya adanya penutupan sejak 3 Juli 2021 lalu, dan kemungkinan saat dibuka nantinya ada persyaratan khusus seperti kuota pengunjung, jam operasional hingga daya tampung tempat wisata.

Selain itu, revisi cuti bersama diperkirakan akan memengaruhi tingkat kunjungan wisata ke Gunungkidul.

"Biasanya cuti bersama mempengaruhi tingkat kunjungan wisatawan," ucap Harry.

Pihaknya pernah menghitung potensi kehilangan PAD sejak ditutup, kunjungan per minggunya sebanyak 40.000 orang dikalikan 10 minggu PPKM Level 3 kemudian dikali rata-rata Rp 5000 untuk pembayaran tiket masuk. Selain itu, untuk belanja para wisatawan di Gunungkidul Rp 81.000.

Belum ada petunjuk untuk uji coba pembukaan

Wisatawan akan menuju ke Kawasan Wisata Pantai Gunungkidul harus diputar Balik di Simpang Mulo, Wonosari Minggu (12/9/2021)Dok Satlantas Polres Gunungkidul Wisatawan akan menuju ke Kawasan Wisata Pantai Gunungkidul harus diputar Balik di Simpang Mulo, Wonosari Minggu (12/9/2021)

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.