Kompas.com - 13/09/2021, 15:12 WIB

KOMPAS.com - Desa Wisata Koto Mesjid di Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, dikenal juga sebagai Kampung Patin.

Hal itu karena Desa Wisata Koto Mesjid merupakan lokasi budidaya ikan patin.

Penduduk desa tersebut memilliki moto "tiada rumah tanpa kolam" lantaran hampir tiap rumah memiliki setidaknya satu kolam berisi ikan patin.

Adapun warga dapat memanen 390-400 ton ikan patin dalam sebulan.

Warga juga mengolah ikan patin menjadi beragam produk kuliner, di antaranya kerupuk kulit patin, abon patin, bakso patin, siomay patin, nugget patin, otak-otak patin, cilok patin, ikan asin patin, batagor patin, dan es dawet patin. Selain itu, ada juga keripik batang pisang dan kelapa jelly (dekla).

Baca juga:

Di sela-sela kunjungannya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan bahwa Desa Wisata Koto Mesjid menjadi sebuah inspirasi. 

"Dan hari ini kita canangkan patin harus go international, menggantikan salmon, karena ikan patin Indonesia memiliki kualitas yang baik dan bergizi tinggi, terutama di Provinsi Riau, dibandingkan dengan jenis ikan patin di negara lain," ujar Sandiaga melalui keterangan resminya, Minggu (12/9/2021). 

Selain produk kuliner, Desa Wisata Koto Mesjid menawarkan produk ekonomi kreatif lainnya, salah satunya olahan bambu. Proses pengolahannya juga melibatkan warga setempat, termasuk kaum difabel. 

Desa Wisata Koto Mesjid juga mengadakan program home recycle creative. Dalam program ini, sampah layak pakai atau limbah paralon dimanfaatkan menjadi pot, tempat tisu, baki gelas, hiasan dinding, piring lidi rotan, dan produk fashion

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.