Kompas.com - 16/09/2021, 16:18 WIB

 

KOMPAS.comWisata halal atau wisata ramah Muslim merupakan salah satu jenis pariwisata yang tengah dikembangkan di sejumlah negara, seperti Indonesia, Jepang, Turki, Taiwan, Thailand, dan Korea Selatan.

Dalam wisata ramah Muslim, umumnya wisatawan beragama Islam akan berkunjung ke destinasi yang memungkinkan mereka untuk berwisata sambil tetap menjaga kehalalan aktivitas mereka.

Misalnya adalah saat melancong ke Taiwan, mereka dapat dengan mudah menemui restoran yang menjual makanan halal di satu atau dua tempat wisata di negara tersebut.

Baca juga:

Partner/Lead of Travel and Tourism Sector untuk DinarStandard, Reem El Shafaki, mengatakan bahwa wisata ramah Muslim merupakan segmen pariwisata yang sedang tumbuh.

“Pandemi Covid-19 memengaruhi pariwisata global termasuk wisata halal. Namun, kami menemukan sinyal peluang dalam pariwisata domestik,” ujar dia.

Reem menuturkan hal tersebut dalam Global Tourism Forum: Hybrid Event Leaders Summit Asia Indonesia 2021 hari kedua pada Kamis (16/9/2021).

Dia melanjutkan, ada juga sinyal peluang dalam industri pariwisata perihal pendirian koridor perjalanan antarnegara dengan kasus Covid-19 yang rendah.

Guna menangkap peluang tersebut, Reem menjelaskan bahwa pelaku wisata halal bisa memanfaatkan perspektif kalangan muda—dalam hal ini generasi Z atau Gen Z (kelahiran 1997-2012)—untuk mengembangkan wisata halal.

Baca juga:

“Seorang influencer dari Indonesia mengatakan, dia tidak ingin merasa cemas saat melancong ke destinasi wisata dan mencoba berbagai makanan yang ada. Tidak perlu khawatir apakah makanan itu halal atau tidak,” katanya.

Reem mengungkapkan hal tersebut berdasarkan data yang bersumber dari DinarStandard berjudul Ekonomi Islam Global Laporan 2020/2021 yang dipublikasi melalui Salaam Gateway pada November 2020.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.