Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/09/2021, 08:08 WIB
Kistin Septiyani,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengumumkan bahwa 20 tempat wisata akan dibuka kembali dalam tahap uji coba.

Dilansir dari Kompas.com, beberapa tempat wisata yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) juga tercantum dalam daftar tersebut.

Berikut ini adalah sederet tempat wisata di Yogyakarta yang masuk dalam daftar uji coba dan akan segera dibuka kembali untuk umum.

Baca juga: Jumlah Kunjungan Wisatawan ke Tebing Breksi Turun Drastis

Tebing Breksi

Obyek Tebing Breksi terletak di Dusun Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Pemandangan Tlatar Seneng di Tebing Breksi terlihat dari ketinggian.Instagram @tebingbreksi_official Pemandangan Tlatar Seneng di Tebing Breksi terlihat dari ketinggian.

Tempat ini merupapakan bekas pertambangan yang dikembangkan menjadi daerah tujuan wisata. Pengunjung bisa menikmati pemandangan sekitar Tabing Breksi dan mengambil foto.

Tebing Breksi terkenal dengan pemandangan matahari terbenam pada sore hari. Pemandangan sunset di tebing ini menjadi atraksi yang banyak diminati pengunjung.

Pengunjung juga dapat menikmati ukiran dan pahatan di dinding batu bekas tambang ini. Terdapat sebuah pahatan berbentuk naga di samping tangga yang ikonik.

Baca juga: Uji Coba Buka, Gembira Loka Zoo Tolak Ratusan Wisatawan di Bawah 12 Tahun

Satu hal yang perlu diperhatikan saat hendak berkunjung ke Tebing Breksi saat uji coba pembukaan adalah adanya pemberlakuan ganjil genap.

Gembira Loka Zoo

Kebun Binatang Gembira Loka atau Gembira Loka Zoo terletak di Jalan Kebun Raya, Rejowinangun, Kotagede, Yogyakarta. Kebun binatang ini menjadi rumah bagi beragam spesies binatang dari berbagai penjuru dunia.

Salah satu satwa di Kebun Binatang Gembira Loka, Yogyakarta.SHUTTERSTOCK / Ruben Nurdiasmanto Salah satu satwa di Kebun Binatang Gembira Loka, Yogyakarta.

Pengunjung bisa mengamati kehidupan koleksi binatang yang ada di Gembira Loka Zoo. Ada pula sejumlah fasilitas dan wahana seperti ATV, speed boat, transportasi keliling, dan skuter untuk dijajal.

Pihak pengelola kebun binatang pun menyediakan tempat foto, gerai suvenir, masjid dan mushola, serta stroller bayi untuk pengunjung.

Pengunjung juga dapat berinteraksi langsung dengan beberapa satwa yang tinggal di kebun binatang tersebut. Pemesanan tiket dapat dilakukan di situs gembiralokazoo.com.

Baca juga: Itinerary 1 Hari di Tengah Kota Yogyakarta, Jalan-jalan Sambil Belajar

Pinus Asri Mangunan

Wisata Hutan Pinus Asri Mangunan terletak di Jalan Hutan Pinus Nganjir, Sukorame, Mangunan, Dlingo, Bantul. Hutan ini terkenal sebagai tempat treking yang ditutupi hutan pinus.

Pinus Asri Yogyakarta DOK. Shutterstock/ArsyaWPratamaShutterstock/ArsyaWPratama Pinus Asri Yogyakarta DOK. Shutterstock/ArsyaWPratama

Pengunjung bisa berfoto-foto di obyek wisata ini. Pengunjung juga dapat bersantai sambil menikmati suasana hutan pinus yang rindang.

Tedarap sejumlah fasilitas seperti pondok dan rumah pohon yang kerap menjadi lokasi foto pengunjung. Obyek wisata ini buka mulai pukul 06.00 sampai 17.00 WIB setiap harinya.

Sama seperti Tebing Breksi, akan dilakukan pula penerapan ganjil-genap di jalan menuju ke Pinus Asri Mangunan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com