Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Wisata Jawa Tengah Uji Coba Buka, Bisa Dikunjungi Saat Weekend

Kompas.com - 18/09/2021, 09:09 WIB
Kistin Septiyani,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejumlah tempat wisata di Jawa Tengah masuk ke dalam uji coba Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Keputusan itu disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

Uji coba yang dilakukan memungkinkan tempat wisata buka untuk umum dengan beberapa ketentuan. Salah satunya adalah pembatasan jumlah pengunjung dan penerapan aplikasi PeduliLindungi.

Dilansir dari Kompas.com, Kamis (9/9/2021), berikut ini 4 tempat wisata di Jawa Tengah yang masuk tahap uji coba buka, cocok untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga.

Baca juga: Taman Mini Jawa Tengah Ganti Nama Menjadi Grand Maerakaca

Grand Maerakaca Taman Mini, Kota Semarang

Dilansir dari situs resmi PRPP Jawa Tengah, obyek wisata Grand Maerakaca terletak di Jalan Anjasmoro, Tawangsari, Semarang. Daerah tujuan wisata ini dulunya memiliki nama Puri Maerakaca.

Grand Maerakaca, Semarang, Jawa Tengah DOK. pprjawatengah.com Grand Maerakaca, Semarang, Jawa Tengah DOK. pprjawatengah.com

Pengunjung bisa menikmati pemandangan alam yang membentang di sekitar wilayah tersebut. Ada pula beragam fasiitas mulai dari pathways sea walk, gapura bambu, jembatan beton, mini plaza Blora, dermaga apung Rembang dan water park legenda Cheng Ho.

Pengunjung juga dapat menikmati rimbunnya hutan bakau atau mangrove. Tedapat pula wisata perahu, wisata kereta mini serta outbond anak-anak.

Baca juga: Kala Relief Candi Borobudur Jadi Inspirasi Para Musisi

Pengunjung hanya perlu membayar tiket mulai dari Rp 10.000 untuk memasuki kawasan tersebut.

Candi Borobudur, Kabupaten Magelang

Borobudur merupakan candi Buddha yang terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Candi ini merupakan candi Buddha terbesar di dunia.

Canci Borobudur dibangun di ats bukit dengan ketinggian 265 meter. Letak geografis candi membuat pengunjung dapat menikmati pemandangan sekitarnya dengan leluasa.

Berwisata di Candi Borobudur. (Foto diambil sebelum pandemi Covid-19).Wonderfulimage.id Berwisata di Candi Borobudur. (Foto diambil sebelum pandemi Covid-19).

Candi ini juga memiliki arca dan relief yang ada di dinding bangunannya. Masing-masing relief menceritakan kisahnya masing-masing.

Candi Borobudur tepatnya berlokasi di Jalan Badrawali, Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Baca juga: TMII Kini Dikelola Badan Pengelola Borobudur dan Prambanan

Pengunjung dewasa harus membayar tiket masuk sebesar Rp 50.000, sedangkan anak-anak hanya perlu membayar Rp 25.000 per orangnya.

Candi Prambanan, Kabupaten Klaten

Prambanan merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia. Candi ini terletak di perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah atau lebih tepatnya di Jalan Raya Solo-Yogyakarta, Kranggan, Bokoharjo, Prambanan, Klaten.

Candi Prambanan, salah satu peninggalan Kerajaan Mataram KunoWikimedia Commons Candi Prambanan, salah satu peninggalan Kerajaan Mataram Kuno

Dilansir dari wensite resmi Kecamatan Prambanan, kompleks Candri Prambanan sebenarnya memiliki 240 bangunan candi. Akan tetapi, saat ini hanya tersisa 8 candi, yaitu 8 candi utama, 8 candi kecil di zona inti, dan 2 candi perwara atau pelengkap.

Nama Candi Prambanan masuk ke dalam daftar wisata uji coba bersama 19 tempat lainnya yang tersebar di DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Baca juga: Jam Buka dan Harga Tiket Kebun Binatang Jurug Kota Solo 2021, Ada Diskon

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com