Kompas.com - 18/09/2021, 11:11 WIB

KOMPAS.com - Manado adalah ibu kota dari provinsi Sulawesi Utara. Kota ini dikelilingi daerah pegunungan dan pesisir pantai yang dijadikan kawasan perbelanjaan.

Sebagai kota terbesar kedua di Pulau Sulawesi, Manado memiliki sejumlah tempat wisata. Atraksi andalan kota ini adalah ekowisata seperti snorkeling di Pulau Bunaken.

Meski demikian, tempat wisata selain Pulau Bunaken juga tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Jika kamu tertarik untuk menjelajahi Kota Manado, berikut adalah rencana perjalanan selama 3 hari 2 malam di sana.

Hari Pertama di Kota Manado

Rumah Kopi Tikala

Rumah Kopi Tikala adalah salah satu kedai kopi tertua di Indonesia yang berlokasi di Jalan Sudirman 2, Komo Luar, Kecamatan Wenang, Kota Manado. Dari pusat kota, jaraknya cukup dekat sekitar 2 kilometer (km) dengan waktu tempuh tujuh menit.

Tampak depan Rumah Kopi Tikala, Manado Tampak depan Rumah Kopi Tikala, Manado

Menu yang disediakan di kedai ini sederhana dan klasik. Kedai ini memiliki pilihan kopi hitam atau kopi susu. Untuk menemani kopi, wisatawan dapat memesan kudapan tradisional seperti biapong (bakpao), gabin, panada, dan roti bakar srikaya.

Baca juga: 10 Tempat Sarapan di Manado yang Terkenal, Makan Bubur dan Biapong

Bagi wisatawan yang gemar memulai hari dengan seduhan kopi, Rumah Kopi Tikala ini adalah pilihan tempat sarapan yang cocok. Kedai ini buka setiap hari pukul 06.00 - 18.00 WITA.

Museum Negeri Provinsi Sulawesi Utara

Museum Negeri Provinsi Sulawesi Utara merepresentasikan kebudayaan dan sejarah masyarakat lokal Sulawesi Utasa.

Museum ini berlokasi di Jalan W.R. Supratman nomor 72, Lawangirung, Kecamanat Wenang, Kota Manado. Jaraknya hanya sekitar 1 km dari Rumah Kopi Tikala dengan waktu tempuh empat menit.

Gedung museum ini memiliki konsep rumah adat ala Minahasa yang terdiri dari tiga lantai. Di halaman depannya, wisatawan dapat melihat berbagai ornamen kuno dari adat Minahasa.

Museum Negeri Provinsi Sulawesi Utara, Manado Museum Negeri Provinsi Sulawesi Utara, Manado

Museum Negeri Provinsi Sulawesi Utara menyimpan koleksi barang-barang bersejarah yang cukup lengkap.

Museum ini memiliki 10 jenis koleksi yang terdiri dari geologi, biologi, etnografi, arkeologi, histori, heraldik, filologi, keramik, seni rupa, dan teknologi. Dari semua koleksi yang ada, hanya 500 koleksi yang dipamerkan.

Baca juga: Ribuan Benda Bersejarah Gorontalo Berada di Museum Manado

Museum Negeri Provinsi Sulawesi Utara dapat dikunjungi pada hari Senin-Jum'at, karena mereka libur di akhir pekan. Jam operasional museum ini dpukul 08.00-16.00 WITA.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.