Kompas.com - 18/09/2021, 14:02 WIB

KOMPAS.com - Kota Banjarmasin memiliki banyak pesona alam dan tempat wisata menarik. Banyak tempat wisata yang sudah diketahui secara luas, maupun masih tersembunyi.

Kota Banjarmasin adalah ibu kota dari provinsi Kalimantan Selatan yang dijuluki sebagai Kota Seribu Sungai. Itu karena wilayah kota ini dibelah banyak sungai, seperti Martapura, Barito, dan Sigaling.

Kota Seribu Sungai ini menawarkan beragam tempat wisata. Jika kamu ingin refreshing dari kesibukan sehari-hari dengan mengadakan short getaway, berikut adalah itinerary atau rencana perjalanan berwisata di Kota Banjarmasin selama 3 hari 2 malam. di Banjarmasin

Hari pertama di Banjarmasin

Pasar Terapung Lok Baintan

Pasar Terapung Lok Baintan berlokasi di Desa Sungai Pinang, Kecamatan Sungai Tabuk, Banjar. Jaraknya dari pusat kota Banjarmasin 12,5 km dengan waktu tempuh 40 menit.

Pasar terapung tradisional ini pada umumnya menjual hasil pertanian dan perkebunan masyarakat setempat. Pada musim panen, pedagang di pasar terapung ini dapat melebihi jumlah pada hari-hari biasa.

Pasar Terapung Lok Baintan, Banjarmasin Pasar Terapung Lok Baintan, Banjarmasin

Wisatawan yang berkunjung juga dapat menemukan kue khas daerah setempat. Ada pula sarapan berat dengan menu andalan soto banjar dan ketupat kadangan.

Untuk mempermudah transaksi antara pedagang dan pembeli, masing-masing kelotok atau perahu menyediakan tongkat dengan pengait kawat untuk mendekatkan perahu.

"Wisatawan bisa berinteraksi dengan ibu-ibu penjual dengan cara ikut mereka naik perahu jualannya," ujar Admin akun Instagram @banjarmasinholiday, Adi saat diwawancara pada Jum'at (17/09/2021).

Baca juga: Pasar Terapung Lok Baintan, Roda Ekonomi Orang Banjar

Ia melanjutkan, biasanya ibu-ibu pedagang di sana juga ada beberapa yang pintar berpantun untuk menghibur wisatawan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.