BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Korea Tourism Organization

Pencinta Hallyu, Ini 4 Kawasan Wisata Ramah Muslim di Korea Selatan yang Wajib Dikunjungi

Kompas.com - 20/09/2021, 14:23 WIB
Ilustrasi wisatawan berlibur di Korea Selatan. Dok. Shutterstock/Travel ManIlustrasi wisatawan berlibur di Korea Selatan.

KOMPAS.com – Pandemi Covid-19 membuat banyak orang harus menunda rencana bepergian, terutama untuk kepentingan liburan. Keterbatasan itu membuat keinginan untuk menjelajah dunia semakin kuat. Kebebasan untuk liburan, terutama ke luar negeri, menjadi hal yang diinginkan semua orang.

Bagi penggemar hallyu, kesempatan untuk berkunjung ke Korea Selatan sudah dinantikan. Sebagai informasi, hallyu istilah yang digunakan untuk menyebut gelombang budaya Korea Selatan yang merebak di seluruh dunia.

Selama pandemi, artis dan musik K-pop, makanan khas Korea Selatan, dan tempat-tempat keren di sana hanya dapat dilihat melalui layar gadget atau televisi. Mengalami semua hal tersebut secara langsung tentunya akan meninggalkan kesan mendalam.

Baca juga: Simpan Dulu Liburan Kemudian, Berikut 5 Destinasi Wisata Ramah Muslim di Korea Selatan

Namun, bagi wisatawan Indonesia, khususnya muslim, berkunjung ke negara dengan penduduk minoritas muslim kerap menimbulkan keraguan. Terlebih, soal fasilitas ibadah dan makanan halal.

Beruntungnya, seiring dengan perkembangan minat wisata ke Korea Selatan, negara tersebut pun mencoba mengakomodasi kebutuhan wisatawan dari seluruh negeri, termasuk wisatawan muslim.

Saat ini, banyak destinasi wisata di Korea Selatan yang sudah memiliki musala atau tempat makan yang menyajikan makanan halal. Beberapa di antaranya adalah destinasi yang cocok untuk wisatawan penggemar hallyu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berikut lima rekomendasi kawasan di Korea Selatan yang ramah muslim dan menyuguhkan suasana layaknya di dalam drama.

1. Gangnam

Nama Gangnam semakin populer ketika lagu “Gangnam Style” yang dibawakan oleh Psy mendunia. Terletak di Kota Seoul, nama Gangnam sendiri berarti selatan Sungai Han.

Sebagai informasi, Sungai Han membelah Kota Seoul menjadi utara dan selatan. Gangnam merupakan distrik yang berada di bagian selatan.

K-Star Road di Distrik Gangnam.Dok. Shutterstock/ Artyooran K-Star Road di Distrik Gangnam.

Wilayah tersebut dikenal sebagai kawasan elit di Kota Seoul. Di kawasan ini, terdapat berbagai sudut yang menarik untuk dikunjungi.

Bagi pecinta hallyu, K-Star Road menjadi area yang wajib disinggahi saat berada di Gangnam. Di sini, Anda dapat menemukan GangnamDol, yaitu boneka beruang seukuran manusia dengan gambar simbol grup K-pop terkenal.

Menyusuri jalanan K-Star Road juga akan membawa Anda ke kantor agensi hiburan besar, seperti SM Entertainment dan FNC Entertainment. Anda dapat mengikuti label merah muda yang ada pada jalanan untuk menemukannya.

Baca juga: Gen Z Muslim Tak Khawatir Kulineran Saat Jalani Wisata Ramah Muslim

Selain itu, Anda juga dapat menemukan berbagai toko dan restoran yang sering dikunjungi oleh bintang hallyu.

Tak jauh dari K-Star Road, Anda akan menemukan Cheongdam Fashion Street. Di lokasi ini, Anda dapat menemukan Galleria Department Store yang menawarkan berbagai produk dari brand ternama kelas dunia.

Masih di kawasan Gangnam, Anda juga dapat mengunjungi Starfield COEX Mall. Pusat perbelanjaan ini sangat lengkap dan menghadirkan dari ratusan toko, Mulai dari toko pakaian, aksesoris, bioskop, akuarium, hingga perpustakaan tersedia di sini.

Melansir dari laman Visit Korea, Starfield Library terdiri dari dua lantai. Perpustakaan yang terletak di dalam mal ini memiliki rak buku yang tingginya membentang dari lantai dasar perpustakaan hingga lantai dua. Keunikan tersebut membuat Starfield Library menjadi spot instagramable bagi para wisatawan.

Starfield LibraryDok. Visit Korea Starfield Library

Untuk koleksi, perpustakaan ini memiliki 50.000 buku dan majalah dengan berbagai genre yang dapat dibaca dengan bebas oleh setiap pengunjung. Selain lengkap, desain modern dan artistik membuat banyak orang, bahkan wisatawan betah berlama-lama berada di sini.

Bagi wisatawan muslim, COEX Mall menyediakan musala untuk beribadah di lantai tiga. Meski mal ini cukup besar, musala mudah ditemukan karena terdapat petunjuk menuju ke sana. Jadi, wisatawan muslim tidak akan tersesat.

2. Distrik Mapo

Meski namanya tidak sepopuler Gangnam, Distrik Mapo menjadi salah satu kawasan yang sering dikunjungi wisatawan.

Terletak di barat laut Sungai Han, kawasan ini menjadi tempat nongkrong anak muda di Seoul. Sebab, di kawasan ini terdapat beberapa universitas, seperti Universitas Hongik, Universitas Yonsei, dan Ewha Womans University.

Baca juga: Mengintip Sensasi Wisata Kuliner Ramah Muslim di Korea lewat Halal Restaurant Week 2021

Bagi para pecinta hallyu, Hongdae Street yang ada di Distrik Mapo menjadi tujuan utama. Anda akan merasakan atmosfer layaknya berada di dalam drama saat menyusuri Hongdae Street.

Kawasan ini menawarkan suasana kehidupan muda-mudi Korea Selatan, seperti toko-toko aksesori unik, galeri untuk mengekspresikan diri, dan deretan kafe artistik.

Anda juga dapat menikmati pertunjukan seni jalanan, seperti live music dari band indie atau kelompok pemuda yang sedang menari bak idola K-pop.

Salah satu pertunjukan anak muda Korea Selatan di Hongdae Street.Dok. Shutterstock/leeborn Salah satu pertunjukan anak muda Korea Selatan di Hongdae Street.

 Selain itu, MBC World juga dapat Anda kunjungi saat berada di Distrik Mapo. Taman hiburan hallyu pertama di Korea Selatan ini memberikan pengalaman tak terlupakan bagi pencinta K-pop dan K-drama.


MBC merupakan salah satu stasiun broadcasting terbesar di Korea Selatan. Di MBC World, Anda dapat mencoba menjadi seorang pembaca berita, menjadi salah satu karakter di drama sejarah menggunakan hanbok—baju tradisional Korea—atau bernyanyi bersama replika para idola K-pop.

3. Pulau Jeju

Jeju-do atau Pulau Jeju adalah salah satu pulau terkenal di Korea Selatan. Bahkan, pulau ini sering disebut dalam drakor untuk dijadikan tempat berlibur.

Di pulau ini, Anda akan menjumpai lanskap alam yang menawan, mulai dari pegunungan, pantai, hingga laut. Tak heran, warga Korea bangga memiliki Pulau Jeju.

Namun, di Pulau Jeju wisatawan tidak hanya dapat menikmati keindahan alam. Meski berada di luar Kota Seoul, Anda masih bisa mendapati destinasi wisata Play K-Pop yang berlokasi di Jeju Jungmun Resort.

Pemandangan di Pulau Jeju. Dok. Shutterstock/Yunsun_Kim Pemandangan di Pulau Jeju.

Play K-Pop menyediakan pengalaman berkencan dengan bintang K-pop idola secara virtual. Di taman hiburan ini, Anda juga dapat menikmati holographic concert dari bintang hallyu, seperti Big Bang, Psy, dan 2NE1. Meski tidak secara langsung, Anda akan merasakan betapa serunya menonton konser idola.

Berkunjung ke Pulau Jeju wajib menyambangi langsung Dongmun Traditional Market. Pasar tradisional ini merupakan yang terbesar di Pulau Jeju dan memiliki sejarah panjang.

Jangan lupa cicipi jus hallabong, sejenis buah jeruk asli dari Pulau Jeju yang menyegarkan. Anda juga dapat menikmati sajian seafood segar dan omegi-tteok, camilan dari adonan beras basah dilapisi pasta kacang yang menggugah selera.

Baca juga: 8 Makanan Ramah Muslim di Korea Selatan, Ada Samgyetang dan Patbingsu

Pasar tradisional Dongmun juga menyediakan berbagai suvenir, seperti miniatur stupa batu khas Pulau Jeju yang bernama hareubang.

4. Busan

Penggemar hallyu tentunya sudah tak asing lagi dengan Busan. Busan merupakan kota pelabuhan terbesar di Korea Selatan yang terletak di pantai tenggara Korea.

Kota dengan populasi terbanyak kedua setelah Seoul ini menjadi destinasi wajib saat berada di Korea Selatan.

Salah satu sudut di Gukje Market, Busan.Dok. Shutterstock/aaron choi Salah satu sudut di Gukje Market, Busan.

Laman situs Visit Korea menjelaskan bahwa Busan memiliki industri meeting, incentive tour, convention, and exhibition (MICE) yang berkembang baik. Tak heran, banyak masyarakat Korea Selatan menjadikan kota ini sebagai destinasi berlibur.

Saking banyaknya tempat wisata di Busan, terkadang wisatawan bingung harus memulai dari mana. Anda dapat mulai menjelajah Gukje Market yaitu pasar internasional yang berlokasi di Jalan Gwangbok.

Di pasar ini, Anda akan menemukan toko-toko yang menjual berbagai macam barang, mulai dari sepatu, kosmetik, pakaian, hingga suvenir. Pasar yang penuh sejarah ini menawarkan suasana kuno Korea Selatan yang membuat wisatawan merasa kembali ke masa lampau.


Masih di Jalan Gwangbok, Anda dapat mengunjungi Gwangbok-dong Fashion Street. Di kawasan ini, Anda dapat menemukan berbagai toko dari brand ternama, restoran, dan kafe yang cocok jadi tempat foto-foto.

Baca juga: Uniknya Pasta ala Korea di Restoran Korea Ramah Muslim Ini

Selanjutnya, Anda dapat mengunjungi Shinsegae Centum City yang merupakan landmark dari Busan. Shinsegae Centum City pernah menjadi pusat perbelanjaan terbesar di dunia versi Guinness Book of World Records pada 2009.

Anda akan menemukan berbagai produk dari berbagai merek, baik lokal hingga internasional di sini. Shinsegae Centum City Mall akan memberikan pengalaman berbelanja yang mengasyikan.

Selain keempat kawasan di atas, Korea Selatan masih memiliki banyak kawasan dengan destinasi yang tak kalah seru. Untuk informasi destinasi dan wisata ramah muslim di Korea Selatan, silakan kunjungi tautan berikut ini.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Tips Aman Bepergian di Tengah Kasus Varian Baru Covid-19

Tips Aman Bepergian di Tengah Kasus Varian Baru Covid-19

Travel Tips
Aturan PCR Saat Nataru untuk Anak Usia di Bawah 12 Tahun Dinilai Mempersulit

Aturan PCR Saat Nataru untuk Anak Usia di Bawah 12 Tahun Dinilai Mempersulit

Travel Update
Angkasa Pura I Catat Kenaikan Pergerakan Penumpang Tertinggi pada November 2021

Angkasa Pura I Catat Kenaikan Pergerakan Penumpang Tertinggi pada November 2021

Travel Update
PPKM Level 3 Nataru Batal, Pemerintah Yogyakarta Tetap Terapkan Sanksi untuk Pelanggar Protokol Kesehatan

PPKM Level 3 Nataru Batal, Pemerintah Yogyakarta Tetap Terapkan Sanksi untuk Pelanggar Protokol Kesehatan

Travel Update
Kawasan Malioboro Yogyakarta Tidak Menerapkan Penyekatan saat Nataru

Kawasan Malioboro Yogyakarta Tidak Menerapkan Penyekatan saat Nataru

Travel Update
Daftar Desa Wisata Pemenang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021

Daftar Desa Wisata Pemenang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021

Travel Update
Masa Karantina 10 Hari untuk Antisipasi Omicron dan Turis Indonesia ke Luar Negeri

Masa Karantina 10 Hari untuk Antisipasi Omicron dan Turis Indonesia ke Luar Negeri

Travel Update
Garuda Indonesia Travel Fair, Jakarta-Labuan Bajo PP Rp 1,3 Jutaan

Garuda Indonesia Travel Fair, Jakarta-Labuan Bajo PP Rp 1,3 Jutaan

Travel Promo
Gunung Barujari Level II Waspada, TN Gunung Rinjani Batasi Pendakian

Gunung Barujari Level II Waspada, TN Gunung Rinjani Batasi Pendakian

Travel Update
TN Gunung Rinjani Tutup 3 Tempat Wisata Alam hingga Maret 2022

TN Gunung Rinjani Tutup 3 Tempat Wisata Alam hingga Maret 2022

Travel Update
Dafam Hotel Management Diakuisisi Artotel Group

Dafam Hotel Management Diakuisisi Artotel Group

Travel Update
PPKM Level 3 Nataru Batal, Pelaku Pariwisata Minta Pemerintah Tak Beri Harapan Palsu

PPKM Level 3 Nataru Batal, Pelaku Pariwisata Minta Pemerintah Tak Beri Harapan Palsu

Travel Update
Pelaku Wisata di Bantul Sambut Pembatalan PPKM Level 3 Saat Nataru

Pelaku Wisata di Bantul Sambut Pembatalan PPKM Level 3 Saat Nataru

Travel Update
Daftar Negara Asal Turis Asing yang Bisa ke Indonesia Tak Berubah meski Ada Omicron

Daftar Negara Asal Turis Asing yang Bisa ke Indonesia Tak Berubah meski Ada Omicron

Travel Update
Wisatawan di Gunung Bromo Dilarang Masuk Radius 1 Km dari Kawah Aktif, Ada Apa?

Wisatawan di Gunung Bromo Dilarang Masuk Radius 1 Km dari Kawah Aktif, Ada Apa?

Travel Update
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.