Belum Dibuka, 42 Tempat Wisata di Banyumas Masih Lakukan Verifikasi Prokes

Kompas.com - 23/09/2021, 08:40 WIB

 

KOMPAS.com – Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyumas Asis Kusumandani mengatakan, sebanyak 42 tempat wisata di Banyumas sedang melalui tahap verifikasi protokol kesehatan untuk dibuka kembali.

“Kemarin saya diperintahkan pimpinan dan Satgas Covid-19 untuk persiapan buka. Kita verifikasi dulu protokol kesehatan. Setelah memenuhi syarat, kita lapor ke Bupati Banyumas selaku Ketua Satgas Covid-19,” ungkapnya, Rabu (22/9/2021).

Sebagai informasi, salah satu kabupaten di Jawa Tengah ini memiliki 124 tempat wisata yang dikelola oleh pemerintah, swasta, dan masyarakat.

Dari 124 tempat wisata tersebut, baru 42 saja yang dipilih untuk diverifikasi penerapan protokol kesehatannya.

Baca juga:

Beberapa tempat wisata tersebut adalah Desa Wisata Pagubugan Melung, Desa Wisata Karangsalam, Wisata Germanggis, dan Agro Karang Penginyongan.

Lalu Curug Cipendok, Wisata Desa Samudra, Dreamland Waterpark, Curug Song, Wisata Desa Banjarpanepen, dan Bukit Pangonan.

Dalam proses verifikasi protokol kesehatan, Asis mengatakan bahwa pihaknya akan memeriksa apakah ada pelonggaran dalam penerapannya, serta mengecek kesiapan tempat wisata untuk menerapkan PeduliLindungi.

“Kami prinsipnya hanya itu, menyuguhkan data (verifikasi protokol kesehatan) saja. Sampai hari ini belum terima perintah lebih lanjut,” jelas Asis.

Wisatawan menyaksikan Air Terjun Cipendok, Cilongok Banyumas, Jateng dari kejauhan. Dedaunan pohon dan tumbuhan hijau di sekitar air terjun berubah coklat dan kotor karena terkena percikan air terjun yang keruh bercampur lumpur. TRIBUN JATENG/KHOIRUL MUZAKI Wisatawan menyaksikan Air Terjun Cipendok, Cilongok Banyumas, Jateng dari kejauhan. Dedaunan pohon dan tumbuhan hijau di sekitar air terjun berubah coklat dan kotor karena terkena percikan air terjun yang keruh bercampur lumpur.

Lebih lanjut, saat ini Banyumas belum secara resmi membuka kembali tempat wisata—kecuali Lokawisata Baturraden yang sudah dibuka untuk tahap uji coba.

“Untuk uji coba sudah ada Lokawisata Baturraden, itu juga karena termasuk daftar yang boleh dibuka dari Kemenparekraf. Selain itu belum ada,” sambung dia.

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.