Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/09/2021, 08:40 WIB
Nabilla Ramadhian,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com – Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyumas Asis Kusumandani mengatakan, sebanyak 42 tempat wisata di Banyumas sedang melalui tahap verifikasi protokol kesehatan untuk dibuka kembali.

“Kemarin saya diperintahkan pimpinan dan Satgas Covid-19 untuk persiapan buka. Kita verifikasi dulu protokol kesehatan. Setelah memenuhi syarat, kita lapor ke Bupati Banyumas selaku Ketua Satgas Covid-19,” ungkapnya, Rabu (22/9/2021).

Sebagai informasi, salah satu kabupaten di Jawa Tengah ini memiliki 124 tempat wisata yang dikelola oleh pemerintah, swasta, dan masyarakat.

Dari 124 tempat wisata tersebut, baru 42 saja yang dipilih untuk diverifikasi penerapan protokol kesehatannya.

Baca juga:

Beberapa tempat wisata tersebut adalah Desa Wisata Pagubugan Melung, Desa Wisata Karangsalam, Wisata Germanggis, dan Agro Karang Penginyongan.

Lalu Curug Cipendok, Wisata Desa Samudra, Dreamland Waterpark, Curug Song, Wisata Desa Banjarpanepen, dan Bukit Pangonan.

Dalam proses verifikasi protokol kesehatan, Asis mengatakan bahwa pihaknya akan memeriksa apakah ada pelonggaran dalam penerapannya, serta mengecek kesiapan tempat wisata untuk menerapkan PeduliLindungi.

“Kami prinsipnya hanya itu, menyuguhkan data (verifikasi protokol kesehatan) saja. Sampai hari ini belum terima perintah lebih lanjut,” jelas Asis.

Wisatawan menyaksikan Air Terjun Cipendok, Cilongok Banyumas, Jateng dari kejauhan. Dedaunan pohon dan tumbuhan hijau di sekitar air terjun berubah coklat dan kotor karena terkena percikan air terjun yang keruh bercampur lumpur. TRIBUN JATENG/KHOIRUL MUZAKI Wisatawan menyaksikan Air Terjun Cipendok, Cilongok Banyumas, Jateng dari kejauhan. Dedaunan pohon dan tumbuhan hijau di sekitar air terjun berubah coklat dan kotor karena terkena percikan air terjun yang keruh bercampur lumpur.

Lebih lanjut, saat ini Banyumas belum secara resmi membuka kembali tempat wisata—kecuali Lokawisata Baturraden yang sudah dibuka untuk tahap uji coba.

“Untuk uji coba sudah ada Lokawisata Baturraden, itu juga karena termasuk daftar yang boleh dibuka dari Kemenparekraf. Selain itu belum ada,” sambung dia.

Baca juga:

Wakil Bupati Banyumas soal pembukaan tempat wisata

Sebelumnya, ada kabar soal 42 tempat wisata di Banyumas yang mulai dibuka kembali secara bertahap meski kabupaten tersebut masih berada dalam kategori PPKM Level 3.

Adapun, hal ini dikatakan oleh Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono di kompleks Pendapa Sipanjji Purwokerto pada Selasa (21/9/2021).

“Ini sebetulnya diskresi, kebijakan dari Forkompimda, karena kita katanya harus gas dan rem,” jelas dia, mengutip Kompas.com, Selasa.

Pada saat itu, dia menuturkan bahwa jumlah kasus Covid-19 di lapangan sebenarnya sudah menurun drastis meski masih PPKM Level 3.

“Kami sudah bentuk tim untuk verifikasi, sudah cek ke obyek wisata. Kalau sudah sesuai protokol kesehatan silakan buka, yang penting teta dengan pembatasan,” lanjut Sadewo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com