Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/09/2021, 16:04 WIB
Nabilla Ramadhian,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com – Ada kabar beredar tentang pariwisata Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta yang menyebutkan bahwa 27 tempat wisata di sana sudah buka.

Diberitakan Kompas.com, Sabtu (25/9/2021), informasi tersebut beredar di sebuah unggahan dalam media sosial Facebook pada 23 September 2021.

Dalam unggahan berbentuk video itu, beberapa tempat yang disebutkan sudah dibuka kembali adalah Candi Prambanan, Tebing Breksi, Merapi Park, dan De Mangol.

Kemudian ada The Lost World Castle, Bhumi Merapi, Kebun Teh Tritis, Gembira Loka Zoo, Hutan Pinus Asri, dan Sunset the Manglung.

Kendati demikian, kabar ini segera dibantah oleh Kepala Dinas Pariwisata DI Yogyakarta Singgih Raharjo yang mengatakan, mayoritas tempat wisata di Yogyakarta masih ditutup.

Baca juga:

“Seluruh tempat wisata yang dikelola baik oleh masyarakat, pemerintah, maupun swasta, di dalam PPKM Level 3, ini ditutup sementara,” ujar dia, Sabtu.

Meski begitu, ada tujuh tempat wisata di Jogja yang sudah diizinkan untuk dibuka kembali melalui tahap uji coba. Apa saja? Berikut Kompas.com rangkum tempat wisata di Jogja yang sudah buka, Senin (27/9/2021).

Perlu dicatat bahwa saat ini, anak-anak berusia 12 tahun ke bawah belum diperbolehkan berkunjung ke tujuh tempat wisata di bawah ini.

Selain itu, pihak tempat wisata juga membatasi kuota kunjungan harian. Lengkapnya, kamu bisa unduh aplikasi Visiting Jogja. Aplikasi juga bisa digunakan untuk memeriksa harga tiket masuk tempat wisata.

Tempat wisata yang sudah buka di Jogja

1. Tebing Breksi, Kabupaten Sleman

Tebing Breksi Jogja terletak di Jalan Desa Lengkong, RT 02/RW 17, Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman.

Tempat wisata ini terkenal memiliki beragam spot foto unik, misanya ukiran relief wayang dan patung semar. Wisatawan penggemar selfie akan diberi kepuasan saat berkunjung ke sini.

Selain menawarkan beragam spot foto unik, Tebing Breksi yang dulunya merupakan kawasan pertambangan juga menawarkan pemandangan dari atas tebing.

Salah satu satwa di Kebun Binatang Gembira Loka, Yogyakarta.SHUTTERSTOCK / Ruben Nurdiasmanto Salah satu satwa di Kebun Binatang Gembira Loka, Yogyakarta.

Apabila masih ingin jalan-jalan di Tebing Breksi, atau keliling daerah sekitarnya, terdapat beberapa penyedia layanan jeep wisata di sini.

Harga tiket masuk Tebing Breksi adalah Rp 10.000 per orang. Jam operasionalnya adalah setiap Selasa-Jumat pukul 06.00-18.00 WIB, dan Sabtu-Minggu pukul 06.00-19.00 WIB. Hari Senin mereka libur.

Wisatawan tidak wajib membayar para petugas yang berjaga di setiap spot selfie. Namun, mereka bisa melakukannya secara sukarela tanpa ketentuan minimal berapa rupiah jika ingin.

Baca juga:

2. Gembira Loka Zoo, Kota Yogyakarta

Gembira Loka Zoo, juga dikenal dengan GL Zoo, berlokasi di Jalan Kebun Raya, Rejowinangun, Kecamatan Kotagede, Kota Yogyakarta.

Satu-satunya tempat wisata di Kota Jogja yang diizinkan untuk dibuka ini merupakan rumah dari beragam koleksi satwa, yang mana di antaranya diizinkan untuk berinteraksi dengan pengunjung.

Wisatawan bisa menikmati atraksi wisata Onta Tunggang, atau bermain dengan kambing Etawa, kelinci Jawa, domba Batur, dan kuda poni di Petting Zoo.

Ada juga atraksi wisata Kolam Sentuh yang memiliki aneka ragam satawa air, atau Gajah Tunggang untuk berkeliling naik gajah.

Ingin memacu adrenalin? Kamu bisa mengunjungi area Interaksi Reptil untuk berfot dengan ular phyton jika berani. Pengunjung tidak perlu khawatir karena para reptil yang ada ditemani oleh staf kebun binatang.

Sembari berinteraksi dengan para satwa, pengunjung juga bisa melakukan wisata edukasi dengan menghadiri Bird Show.

Harga tiket masuk Gembira Loka Zoo adalah Rp 60.000 per orang untuk Senin-Kamis, dan Rp 75.000 per orang untuk Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional.

Jam operasional tempat wisata tersebut adalah Senin-Kamis pukul 09.00-15.00 WIB, serta Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional pukul 08.30-16.00 WIB. Hari Jumat mereka tutup.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com