Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rute dan Syarat Naik Angkutan Wisata Gratis di Banyuwangi

Kompas.com - 28/09/2021, 09:12 WIB
Nabilla Ramadhian,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Wisatawan yang berkunjung ke Banyuwangi bisa berkunjung ke beberapa tempat wisata menggunakan angkutan wisata gratis sejak 18 September 2021.

Melansir Surya.co.id, Minggu (26/9/2021), Plt Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Banyuwangi Dwi Yanto menuturkan, tempat wisata yang akan dikunjungi sudah terverifikasi penerapan protokol kesehatannya.

“Kebetulan destinasi wisata yang kami pilih untuk dilalui angkutan wisata ini sangat diminati, dan telah terverifikasi penerapan protokol kesehatan oleh tim Dinas Kebudayaan dan Pariwisata,” jelas dia.

Baca juga:

Adapun, beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi secara gratis dengan angkutan wisata tersebut adalah Pulau Merah, Hutan De Djawatan, Kawah Ijen, dan Bangsring Underwater.

Sebanyak dua armada, yakni bus ukuran sedang dan elf, disiapkan oleh pihak Dishub. Masing-masing armada dapat mengangkut 21 orang, dan beroperasi setiap Sabtu dan Minggu.

Rute angkutan wisata gratis

Dwi mengatakan bahwa angkutan wisata gratis ini akan memulai keberangkatan dari Terminal Brawijaya, juga dikenal Terminal Karangente. Terminal ini berlokasi di Jalan Brawijaya, Kebalen, Kecamatan Banyuwangi.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut Kompas.com rangkum rute keberangkatan bus dan elf wisata gratis di Banyuwangi berdasarkan paparan Dwi, Senin (27/9/2021):

Rute bus

  • Terminal Brawijaya-Bandara Banyuwangi-Pulau Merah-Dusun Kakao Glenmore-Hutan De Djawatan- Terminal Brawijaya

Rute elf

  • Terminal Brawijaya-Kawah Ijen-Bangsring Underwater-Waduk Sidodadi-Terminal Brawijaya

fenomena blue fire atau api biru di Kawah Ijen, Banyuwangi DOK. Shutterstock/thanmanoShutterstock/thanmano fenomena blue fire atau api biru di Kawah Ijen, Banyuwangi DOK. Shutterstock/thanmano

Syarat naik angkutan wisata gratis

Dwi menjelaskan, seluruh calon wisatawan perlu memerhatikan syarat yang berlaku seperti wajib sudah divaksin Covid-19 minimal dosis pertama.

“Karena ini kita berlakukan di masa pandemi, maka persyaratan yang diminta harus betul-betul diperhatikan. Sebab, kita ingin semua penumpang bisa menikmati liburan dengan aman dan nyaman,” tegas dia.

Berikut syarat yang perlu diperhatikan dan dipatuhi oleh calon wisatawan sebelum memanfaatkan layanan angkutan wisata gratis:

  • Wajib sudah divaksinasi Covid-19 minimal dosis pertama.
  • Registrasi secara daring lewat situs https://banyuwangitourism.com/jalanjalan/.
  • Wajib membawa KTP asli dan fotokopinya saat keberangkatan.
  • Wajib membawa hasil negatif rapid antigen untuk kedatangan dari luar Banyuwangi.
  • Wajib membawa surat keterangan sehat dari dokter atau puskesmas untuk wisatawan dari Banyuwangi.

Jadwal perjalanan belum semua tersedia

Dwi menjelaskan, wisatawan bisa mengakses https://banyuwangitourism.com/jalanjalan/ untuk mengetahui informasi lebih lanjut, serta pendaftaran untuk naik angkutan gratis tersebut.

“Mereka bisa memilih destinasi wisata tujuan, beserta tanggal dan waktu keberangkatan. Namun semua jadwal dan rute menyesuaikan kuota pendaftaran dan permintaan dari pemohon,” ungkapnya.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, calon wisatawan bisa memilih opsi “Jadwal Destinasi Klik Di Sini” pada laman tersebut.

Laman itu menunjukkan beberapa tempat wisata, yaitu Waduk Bajulmati, Dusun Kakao, Glenmore, Hutan Pinus Songgon, Grajagan, Pantai Wedi Ireng, Savanna Sadengan, Pantai Pulau Merah, dan Kawah Ijen.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com