Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangkok Bakal Terima Turis Asing Bervaksin Tanpa Karantina Mulai 1 November

Kompas.com - 29/09/2021, 09:15 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Bangkok, Thailand, berencana menerima kembali wisatawan asing tanpa kewajiban karantina mulai 1 November 2021 mendatang. 

Hal tersebut dikatakan oleh otoritas setempat seiring dengan upaya Thailand mempercepat vaksinasi Covid-19 sekaligus menggiatkan kembali industri pariwisata, dikutip dari Reuters.

Tidak hanya itu, otoritas setempat juga akan mengurangi periode karantina untuk kedatangan mulai dari 1 Oktober 2021.

Mereka yang bervaksin Covid-19 hanya perlu menjalani karantina selama tujuh hari, sementara periode karantina untuk yang belum bervaksin Covid-19 adalah 10 hari. 

Baca juga:

Empat fase rencana pembukaan kembali Thailand

Ilustrasi salah satu sudut Kota Bangkok di Thailand.UNSPLASH/Dynamic Wang Ilustrasi salah satu sudut Kota Bangkok di Thailand.

Penerimaan tersebut merupakan bagian dari rencana pembukaan kembali Thailand yang terdiri dari empat fase. Rencana itu telah disetujui oleh Centre for Covid-19 Situation Administration (CCSA) Thailand. 

Menurut tatnews.org pada Senin (27/9/2021), fase percontohan dari rencana pembukaan tersebut berlangsung pada 1-31 Oktober 2021 di Phuket dan Surat Thani (Samui, Koh Pha-ngan, dan Koh Tao). 

Adapun pembukaan kembali Bangkok merupakan bagian dari fase pertama yang akan berlangsung hingga 30 November 2021. 

Baca juga:

Selain Bangkok, seluruh daerah di Krabi dan Phang-Nga akan dibuka.

Tidak hanya itu, sejumlah daerah tertentu di Buri Ram (Mueang), Chiang Mai (Mueang, Mae Rim, Mae Taeng, dan Doi Tao), Chon Buri (Pattaya, Bang Lamung, Na Jomtien, dan Sattahip), Loei (Chiang Khan), Phetchaburi (Cha-Am), Prachuap Khiri Khan (Hua Hin), dan Ranong (Ko Phayam) juga akan dibuka. 

Selanjutnya, fase kedua rencananya akan berlangsung pada 1-31 Desember 2021. Wilayah yang dibuka kembali pada fase ini terkenal akan seni dan budaya, serta ada juga yang berada di area perbatasan.

Wilayah yang dimaksud adalah Ayutthaya, Chiang Rai, Khon Kaen, Lamphun, Mae Hong Son, Nakhon Ratchasima, Nakhon Si Thammarat, Narathiwat, Nong Khai, Pathum Thani, Phatthalung, Phetchaburi, Phrae, Rayong, Samut Prakan, Songkhla, Sukhothai, Trang, Trat, dan Yala.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com