Kompas.com - 29/09/2021, 09:15 WIB
Kuil Phra Kaew, Bangkok, Thailand DOK. tourismthailand.org Kuil Phra Kaew, Bangkok, Thailand DOK. tourismthailand.org

KOMPAS.com - Bangkok, Thailand, berencana menerima kembali wisatawan asing tanpa kewajiban karantina mulai 1 November 2021 mendatang. 

Hal tersebut dikatakan oleh otoritas setempat seiring dengan upaya Thailand mempercepat vaksinasi Covid-19 sekaligus menggiatkan kembali industri pariwisata, dikutip dari Reuters.

Tidak hanya itu, otoritas setempat juga akan mengurangi periode karantina untuk kedatangan mulai dari 1 Oktober 2021.

Mereka yang bervaksin Covid-19 hanya perlu menjalani karantina selama tujuh hari, sementara periode karantina untuk yang belum bervaksin Covid-19 adalah 10 hari. 

Baca juga:

Empat fase rencana pembukaan kembali Thailand

Ilustrasi salah satu sudut Kota Bangkok di Thailand.UNSPLASH/Dynamic Wang Ilustrasi salah satu sudut Kota Bangkok di Thailand.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penerimaan tersebut merupakan bagian dari rencana pembukaan kembali Thailand yang terdiri dari empat fase. Rencana itu telah disetujui oleh Centre for Covid-19 Situation Administration (CCSA) Thailand. 

Menurut tatnews.org pada Senin (27/9/2021), fase percontohan dari rencana pembukaan tersebut berlangsung pada 1-31 Oktober 2021 di Phuket dan Surat Thani (Samui, Koh Pha-ngan, dan Koh Tao). 

Adapun pembukaan kembali Bangkok merupakan bagian dari fase pertama yang akan berlangsung hingga 30 November 2021. 

Baca juga:

Selain Bangkok, seluruh daerah di Krabi dan Phang-Nga akan dibuka.

Tidak hanya itu, sejumlah daerah tertentu di Buri Ram (Mueang), Chiang Mai (Mueang, Mae Rim, Mae Taeng, dan Doi Tao), Chon Buri (Pattaya, Bang Lamung, Na Jomtien, dan Sattahip), Loei (Chiang Khan), Phetchaburi (Cha-Am), Prachuap Khiri Khan (Hua Hin), dan Ranong (Ko Phayam) juga akan dibuka. 

Selanjutnya, fase kedua rencananya akan berlangsung pada 1-31 Desember 2021. Wilayah yang dibuka kembali pada fase ini terkenal akan seni dan budaya, serta ada juga yang berada di area perbatasan.

Wilayah yang dimaksud adalah Ayutthaya, Chiang Rai, Khon Kaen, Lamphun, Mae Hong Son, Nakhon Ratchasima, Nakhon Si Thammarat, Narathiwat, Nong Khai, Pathum Thani, Phatthalung, Phetchaburi, Phrae, Rayong, Samut Prakan, Songkhla, Sukhothai, Trang, Trat, dan Yala.

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.